Find Us On Social Media :

Anak Sembelit Tak Sembuh-sembuh, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua

Ketika anak mengalami sembelit tak sembuh-sembuh, orang tua sebaiknya mengetahui hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

GridHEALTH.id -  Anak sembelit atau mengalami konstipasi menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi para orang tua, maka mengetahui penyebab dan cara mengatasinya adalah hal yang diperlukan bagi orang tua.

Karena sembelit atau konstipasi pada anak akan sangat membuat anak merasa tidak nyaman, sehingga diperlukan langkah yang tepat untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan anak sembelit ga sembuh-sembuh dan perhatikanlah bagi orang tua, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk mengatasi anak sembelit ga sembuh-sembuh.

Sembelit atau konstipasi adalah kesulitan yang dihadapi anak saat BAB, bisa ditandai dengan jarangnya BAB hingga rasa sakit yang dialami ketika BAB.

Frekuensi BAB yang terhitung dalam kategori sembelit adalah kurang dari tiga kali dalam seminggu, baik bagi orang dewasa maupun anak.

Pada usia anak di atas 4 tahun, dalam kasus yang ekstrem anak dapat mengalami encopresis, kondisi keluarnya feses secara tidak sengaja.

Penyebab Sembelit

Penyebab umum dari terjadinya sembelit adalah kurang cairan, kurang asupan serat, kebiasaan menahan atau menunda BAB, penumpukan tinja di usus besar akibat BAB yang tidak tuntas, hingga faktor genetika.

Selain beberapa penyebab umum yang biasa terjadi pada anak sembelit, bisa jadi anak sembelit yang ga sembuh-sembuh juga disebabkan dari penyebab lainnya, seperti penyakit yang menyebabkan kurangnya cairan tubuh dan dehidrasi (muntah atau demam, dan lainnya), konsumsi obat seperti morfin, adanya penyakit hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) atau penyakit hirschsprung (penyakit usus yang biasa terdiagnosis pada beberapa minggu pertama kehidupan).

Melihat kondisi anak sembelit yang ga sembuh-sembuh, orang tua dapat melakukan beberapa cara, salah satu perawatan yang paling umum dan membutuhkan waktu panjang adalah perubahan pola makan dan gaya hidup.

Baca Juga: Pijat 6 Titik Ini Untuk Redakan Masalah Susah BAB alias Sembelit

Perawatan jangka panjang ini membutuhkan kesabaran, kerjasama, dan komitmen dari anggota keluarga dan pihak sekolah, untuk membantu mengatasi masalah sembelit pada anak yang ga sembuh-sembuh.