Find Us On Social Media :

Aprikot, Buah Berwarna Oranye, Membuat Kulit Mulus dan Jantung Jadi Sehat

Aprikot, buah berwarna oranye sarat manfaat kesehatan.

GridHEALTH.id - Aprikot, buah kecil berwarna oranye-kuning mungkin ukurannya kecil, tetapi besar dalam hal rasa dan nutrisi.

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, dengan rasa mulai dari manis hingga manis-asam, tergantung varietasnya. Daging aprikot lembut dan agak berair saat matang, dan mereka memiliki kulit beludru dengan bulu halus.Aprikot dengan bahasa latin Prunus armeniaca berasal dari Cina, di mana ia pertama kali dibudidayakan sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Buah berbentuk batu yang lezat ini sangat disukai oleh penduduk setempat, pedagang, dan pelancong, jadi tidak mengherankan jika ia memulai perjalanannya ke barat di sepanjang Jalur Sutra. Seiring waktu, aprikot mulai tumbuh di Asia Tengah dan Timur Tengah.Aprikot mencapai Mediterania sekitar 2.000 tahun yang lalu, di mana mereka tumbuh subur di iklim yang hangat dan cerah. Saat ini, Turki dan Iran adalah produsen aprikot terbesar di dunia.Ada banyak varietas aprikot yang berbeda untuk dinikmati, yang paling populer adalah Blenheim, Tilton, dan Moorpark.

Berkat jumlah vitamin, flavonoid, dan potasiumnya yang tinggi, aprikot memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.Flavonoid bekerja untuk melindungi dan memperkuat pembuluh darah kita sekaligus mengurangi tanda-tanda peradangan.

Kalium, mineral penting untuk fungsi saraf dan otot, juga penting untuk membantu nutrisi bergerak ke seluruh tubuh. Plus, mendukung tekanan darah yang sehat dan kesehatan jantung.

Baca Juga: Mengapa Perlu Mengonsumsi Buah Aneka Warna? Ternyata Ini Alasannya

Baca Juga: Mengapa Diabetes Tipe 2 Menyebabkan Kaki Mati Rasa? Ini Alasannya

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari aprikot:

1. Memberi perlindungan kulit

Antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C dikenal karena sifatnya yang meningkatkan kulit. Mereka dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari radiasi ultraviolet (UV), mengurangi tanda-tanda kerutan dini, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Beta-karoten adalah antioksidan lain yang membantu melindungi kulit kita dari sengatan matahari dan kerusakan UV tambahan.

Karena aprikot memiliki kandungan air yang tinggi, aprikot juga merupakan cara yang baik untuk menghidrasi kulit. Satu cangkir aprikot menawarkan sekitar 2/3 cangkir air.2. Penglihatan jadi lebih sehat Kaya akan vitamin A, beta-karoten, dan karotenoid lainnya, aprikot sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata.