Find Us On Social Media :

Jalankan Puasa Asyura Tidak Hanya Menghilangkan Dosa Setahun Tapi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Puasa asyura, tidak hanya menghapus dosa setahun lalu, juga memberi bonus kesehatan untuk tubuh, jangan lupa lakukan!

GridHEALTH.id - Puasa asyura tahun ini akan dilaksanakan tepat pada hari Senin, 08 Agustus 2022, oleh karena itu, bagi umat Islam persiapkan diri untuk menjalankan puasa asyura sebagai bentuk amalan di bulan Muharram.

Menjalankan puasa asyura ternyata dapat menghilangkan dosa setahun yang lalu, sesuai dengan hadis Nabi Muhammad dan tentu juga mendapat bonus kesehatan untuk tubuh.

Bagi umat Islam yang hendak menjalankan puasa asyura diharapkan juga menerapkan puasa tasua sehari sebelumnya, tepatnya di tahun ini pada tanggal 07 Agustus 2022.

Kedua puasa ini, baik puasa asyura maupun puasa tasua adalah dua puasa yang sering dilakukan oleh Rasulullah.

Hadis yang diungkapkan oleh Abu Hurairah juga menyebutkan bahwa puasa pada bulan Muharram keutamaannya berada tepat di bawah puasa Ramadan, di mana puasa Ramadan adalah puasa wajib dan puasa pada bulan Muharram adalah sunah, sehingga dapat terlihat begitu besar keutamaannya dari puasa asyura dan tasua dalam bulan Muharram.

Menjalankan puasa asyura juga sebagai peringatan akan kebencian dan perpecahan dapat menyebabkan kehancuran dan kehilangan nyawa tak berdosa, di mana cucu dari Nabi Muhammad, Sayyidina Husein r.a menjadi korban dan tewas secara tragis pada tanggal 10 Muharram saat berjuang untuk pembebasan dari tirani.

Ini adalah bentuk dari komitmen untuk terus menyebarkan kebaikan, perdamaian dan menolak kejahatan serta permusahan, juga bentuk dari persatuan dan cinta bukan perpecahan dan kebencian.

Pada prinsipnya apapun jenis puasa, termasuk puasa asyura dan tasua tentu memilki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari penurunan denyut jantung untuk istirahat, tekanan darah, kolesterol LDL, insulin puasa, peradangan, juga peningkatan aksi pemompaan jantung dan sensitivitas insulin.

Puasa diartikan sebagai kegiatan pembatasan sebagian atau total dari semua makanan atau makanan tertentu dan puasa sendiri bisa dijadikan sebagai cara untuk diet dalam menurunkan berat badan dan bagian dari penerapan tradisi keagamaan.

Baca Juga: Puasa Dzulhijjah Mulai dari Keutamaan, Amalan dan Manfaat Kesehatannya

Penelitian menunjukkan, puasa teratur dapat menurunkan risiko gagal jantung dan terjadinya peningkatan metabolisme, sehingga puasa bisa menjadi kunci panjang umur dan hidup sehat.

Selain itu, puasa juga dipercaya dapat menurunkan angka kematian 45% lebih rendah, beberapa manfaat kesehatan lainnya adalah mengurangi produksi zat inflamasi dalam tubuh, memperlambat penuaan, mencegah perkembangan diabetes, gangguan tiroid, hipertensi, dan menurunkan berat badan yang akan berdampak pada persendian yang lebih baik.