Find Us On Social Media :

Ambeien Hingga Radang Usus Buntu, 4 Bahaya Sering Menahan BAB

Sering menahan BAB menyebabkan masalah pada saluran pencernaan.

GridHEALTH.id - Menahan buang air besar alias BAB merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan selain menunda buang air kecil.

Alasan seseorang menahan BAB sangatlah beragam. Misalnya saja, tidak nyaman dengan kondisi toilet atau sedang mengerjakan sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan.

Menahan BAB sering dianggap hal yang sepele, padahal kebiasaan ini jika sering dilakukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari Medical News Today, setiap orang mempunyai waktu biologisnya masing-masing yang menunjukkan kapan feses harus dibuang.

Biasanya, waktu tubuh akan mengeluarkan kotoran, maka perut akan terasa mulas. Jika hal itu sudah terjadi, maka perlu segera pergi toilet.

Terdapat sejumlah laporan kasus ekstrim, di mana seseorang yang berusaha menahan keinginan untuk buang air besar, mengalami masalah pada saluran pencernaannya.

Bahaya menahan BAB

"Menahan BAB sesekali tidak masalah. Tetapi jika dilakukan setiap hari, akan ada banyak komplikasi. Sembelit biasanya terjadi saat menahan BAB selama berjam-jam," kata Pratik Tibdewal, Konsultan Gastroenterologis dari Mumbai, dikutip dari Healthshots.

Nah, berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang akan terjadi jika sering menahan buang air besar.

Baca Juga: Pijat 6 Titik Ini Untuk Redakan Masalah Susah BAB alias Sembelit

1. Ambeien

Menahan buang air besar akan membuat kotoran kembali masuk ke dalam rektum dan lama-kelamaan menjadi keras.