Find Us On Social Media :

Keju yang Itu Enak Juga Bisa Cegah Osteoporosis, Seperti Produksi Norwegia Ini

Keju Jarlsberg memiliki kandungan vitamin K2 yang tinggi, sehingga baik untuk mencegah osteoporosis.

GridHEALTH.id - Osteoporosis adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kondisi kekuatan tulang dan berisiko menyebbakannya patah.

Kondisi ini sering juga disebut dengan penyakit "senyap", karena kebanyakan orang-orang yang mengalaminya tidak merasakan gejala apapun.

Osteoporosis biasanya baru akan terdeteksi, jika seseorang memiliki keluhan patah tulang.

Melansir laman bones.nih.gov, osteoporosis terjadi saat massa tulang yang terlalu banyak hilang dan terjadi perubahan pada struktur jaringan.

Sejumlah faktor memengaruhi kondisi ini, misalnya usia seseorang yang sudah memasuki 70 tahun, bentuk tubuh, hingga pengaruh perubahan hormon seperti yang terjadi pada wanita menopause.

Osteoporosis tak boleh disepelekan, karena berisiko menyebabkan nyeri punggung bawah, tinggi tubuh berkurang, dan membuat postur bungkuk.

Mencegah osteoporosis merupakan hal utama yang bisa dilakukan, agar terhindar dari kondisi-kondisi tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan makan keju.

Keju jenis Jarlsberg, disebut dapat mencegah osteoporosis karena melindungi tulang dari penipisan. Keju yang berasal dari Norwegia ini, dibuat dengan menggunakan susu sapi.

Kemampuan keju Jarlsberg dalam mencegah terjadinya osteoporosis, disebabkan oleh adanya kandungan vitamin K2 yang tinggi.

Baca Juga: Diabetes Hingga Hipertiroid, Penyakit yang Diam-diam Mengikis Tulang Sampai Menyebabkan Osteoporosis

Khasiat keju Jarlsberg telah dipublikasikan di jurnal BMJ Nutrition Prevention & Health, yang menyebutkan bahwa porsi harian keju ini bermanfaat memperkuat tulang dan regenerasi.

Studi dilakukan pada 66 wanita pre-menopause yang memiliki kesehatan yang baik. Mereka diberikan 50 gram keju Jarlsberg dan camembert setiap harinya.