Find Us On Social Media :

Lima Anak di Amerika Serikat Terpapar Cacar Monyet, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Cacar monyet pada anak di Amerika Serikat bahkan dialami oleh bayi.

GridHEALTH.id - Sejak statusnya diubah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi darurat kesehatan global, infeksi cacar monyet jadi sorotan.

Meski cacar monyet yang mewabah saat ini paling banyak dialami oleh pria gay atau biseksual, tapi bukan berarti kelompok masyarakat lain tidak akan terpapar.

Beberapa waktu yang lalu, Amerika Serikat sempat melaporkan konfirmasi infeksi cacar monyet pada ibu hamil dan juga anak-anak.

Setidaknya, di Negeri Paman Sam tersebut sudah terdapat lima kasus cacar monyet pada anak yang tercatat. Berasal dari Indiana, California, dan Washington D.C.

Melansir Foxnews, Selasa (9/8/2022), empat orang anak yang berasal dari California dan Indiana, merupakan warga negara Amerika Serikat.

Sedangkan cacar monyet yang dialami oleh bayi di Washington D.C, diketahui bukan penduduk asli, melainkan turis yang sedang melancong.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan terkait risiko penularan cacar monyet pada anak, yang mungkin akan lebih berbahaya.

Menurut organisasi tersebut, anak-anak yang berusia di bawah 8 tahun, apabila terpapar berisiko mengalami kondisi yang parah.

Sejauh ini, kasus cacar monyet Amerika Serikat sudah lebih dari 7.500 kasus, yang penularannya melalui kontak langsung, terkena cairan tubuh orang yang terinfeksi, hingga penggunaan barang bersama seperti handuk maupun seperai.

Baca Juga: Sudah Sembuh, Penyintas Cacar Monyet Masih Berisiko Terinfeksi Kembali

Mencegah cacar monyet pada anak

Anak-anak memang termasuk kelompok rentan cacar monyet. Meski begitu, orangtua tidak perlu terlalu panik mengenai kondisi ini.