Find Us On Social Media :

Diet Gen dengan Nutrigenomik, Kendalikan Berat Badan Juga Deteksi Dini Penyakit Kronis dan Menghindarinya

Terobosan baru untuk dapatkan berat badan ideal dan sehat dengan nutrigenomik, diet gen.

GridHEALTH.id - Istilah nutrigenomik mungkin masih terdengar asing sebagai salah satu cara untuk mendapatkan badan ideal.

Selama ini sebagian besar orang hanya mengetahui cara untuk mendapatkan badan ideal secara umum melalui pola makan, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat.

Kini ada terobosan baru dalam dunia medis, di mana untuk mendapatkan badan ideal bisa dilakukan dengan cara diet gen atau yang dikenal dengan nutrigenomik.

Nutrigenomik selain bisa digunakan untuk membentuk badan ideal, seseorang juga dapat menghindari penyakit kronis dari proses nutrigenomik ini.

Cara ini merupakan cara diet dimana seseorang terlebih dahulu mengenali karakteristik gen dalam tubuh, sehingga akan ditemukan pola yang tepat untuk mengimbangi dan memaksimalkan kerja gen dalam pembentukan dan metabolisme tubuh.

Setiap orang memiliki gen yang berbeda-beda dan karakteristik hingga perilaku dari gen pun berbeda, gen layaknya 'blueprint' manusia, maka membaca 'blueprint' ini menjadi cara untuk memperbaiki dan mengenalinya.

Nutrisi yang masuk sebagai asupan harian tubuh juga akan mempengaruhi respons dari gen.

Sehingga dengan metode nutrigenomik ini, seseorang akan mengetahui nutrisi terbaik untuk dirinya sesuai dengan kebutuhan gen masing-masing orang.

Terdapat beberapa hal yang memengaruhi nutrigenomik, diantaranya:

- Kelompok etnik dan individu yang memiliki beragam genom

- Makanan/nutrien yang disesuaikan dengan budaya, ekonomi, geografi, dan rasa menentukan jenis makanan seseorang

Baca Juga: Usia atau Gen? Penuaan Jadi Faktor Dominan Dalam Penyakit, Studi