Find Us On Social Media :

Tidak Ada Imunisasi Haram Untuk Anak HIV, Semua Wajib Diimunisasi

Anak dengan HIV tetap wajib diimunisasi lengkap, tidak ada yang haram dari imunisasi bagi anak HIV.

GridHEALTH.id - Imunisasi adalah salah satu langkah yang harus dilakukan orangtua untuk menghindari anak dari berbagai penyakit.

Dengan imunisasi, anak akan membentuk kekebalan tubuhnya dan membantu meningkatkan kualitas hidup anak, tidak terkecuali dengan anak yang memiliki HIV.

Semua anak wajib mendapatkan imunisasi, karena imunisasi aman dan tidak ada yang haram, maka segera bawa anak untuk mendapat imunisasi karena jumlah imunisasi di Indonesia masih rendah akibat pandemi Covid-19.

Anak yang terinfeksi HIV, baik anak yang tertular dari ibu saat dikandungan maupun anak yang tertular HIV pada masa pertumbuhan, diperbolehkan untuk melakukan imunisasi.

Tidak ada jenis imunisasi yang dilarang untuk anak HIV, justru dengan dilakukannya imunisasi lengkap pada anak HIV maka akan membantu anak untuk membangun metabolisme yang lebih baik.

Sama dengan imunisasi pada anak sehat, anak HIV yang akan diimunisasi cukup dilihat dari tingkat kebugarannya.

Jika kondisi anak dinyatakan bugar dan sehat, maka pelaksanaan imunisasi pada anak HIV pun bisa dilakukan.

Vaksin Bagi Anak HIV

Kebugaran diperlukan untuk mengoptimalkan pemberian vaksin ke dalam tubuh, sehingga tubuh menerimanya dengan baik dan berhasil meningkatkan imunitas.

Jadwal imunisasi anak dengan HIV juga mengikuti jadwal imunisasi pada anak lainnya.

Bagi orangtua yang memiliki anak dengan HIV, tidak perlu khawatir jika anak akan mendapatkan efek samping dari pemberian imunisasi.

Hal ini dikarenakan imunisasi melalui vaksinasi sudah melalui berbagai tahapan dan prosedur penelitian yang panjang, sehingga sudah dinyatakan aman pula untuk anak dengan HIV.