Find Us On Social Media :

Masih Olahraga Lari Pakai Jaket Sauna? Ini Risikonya Menurut Dokter

Bahaya olahraga menggunakan jaket sauna.

GridHEALTH.idOlahraga selain dapat menjaga kesehatan, juga bermanfaaat untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

Pada orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, biasanya akan menggunakan peralatan tertentu, seperti jaket sauna.

Di market place, jaket sauna dipasarkan dengan klaim yang menyebutkan dapat membantu membakar kalori.

Orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, tentunya akan tertarik untuk membelinya dan dipakai sambil berolahraga.

Namun, menurut dokter spesialis kedokteran olahraga RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, MMRS, kalau sebaiknya hal itu tidak dilakukan.

Menurutnya, memakai jaket sauna saat berolahraga tidak memiliki efek positif apapun bagi yang menggunakannya.

Ia menyebutkan, kalau kebiasaan olahraga sambil memakai jaket sauna, merupakan kebiasaan lama yang tidak efektif.

“Mungkin dulu kita lihat (pemakaian jaket sauna) pada atlet-atlet cabang olahraga yang saat bertanding, mereka ditargetkan berat badan tertentu,” ujarnya saat ditemui di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, Selasa (16/8/2022).

Pemakaian jaket ini memang ditujukan untuk membantu menurunkan berat badan atlet ketika bertanding. Padahal ini hanya membuat kadar air di tubuh berkurang.

“Supaya (berat badan) mereka masuk kilogramnya itu, sebelum latihan atau tanding, mereka lari pakai jaket sauna agar keringatnya keluar, berat badannya turun. Tapi, habis bertanding lemas,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan kalau olahraga pakai jaket sauna bukan metode yang baik dan bisa menyebabkan dehidrasi. Tapi sayangnya banyak dilakukan oleh orang-orang.

Baca Juga: Jenis Cedera Olahraga Paling Sering Terjadi dan Gejala yang Harus Diwaspadai