Find Us On Social Media :

Kenali, Tujuh Komplikasi Bakal Terjadi Jika Hipertensi Tidak Diobati

Hipertensi yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbuilkan komplikasi penyakit lain.

GridHEALTH.id - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit ini berkembang ketika ada kesulitan mengangkut darah melalui tubuh. Bisa jadi karena penyempitan arteri atau semacam penyumbatan.Jika ada masalah ini, jantung harus bekerja dua kali lebih keras untuk memompa darah. Jantung menggerakkan darah kita melalui pembuluh yang lebih sempit, yang membuat tekanan darah kita meningkat.Hipertensi sering disebut "pembunuh diam-diam" atau silent killer. Ini karena pada tahap pertama, tidak memiliki gejala apa pun dan kebanyakan orang mengabaikan gejala yang mereka miliki. Artinya, bila ditemukan terkadang hipertensi sudah menyebabkan komplikasi.Pada awalnya, itu tidak menyebabkan kerusakan besar. Tapi seiring berjalannya waktu, itu mengubah sistem tubuh lainnya. Bahkan dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa.

Dikutip dari American Heart Association, ini adalah 7 komplikasi bakal terjadi bila hipertensi tidak diobati:

1. Serangan jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyakit terburuk yang terkait dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.Tentu saja, kondisi ini bisa mematikan. Serangan jantung terjadi karena arteri menjadi keras dan menyempit. Ini mempengaruhi aliran darah kita.\

2. StrokeStroke dapat terjadi ketika aliran darah dibatasi pada salah satu pembuluh darah yang mengangkut darah ke otak.Tekanan darah secara langsung mempengaruhi aliran darah ke organ vital ini. Karena itu, penderita hipertensi memiliki peluang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini.

3. Gagal jantung

Baca Juga: Begini Cara Menjalani Gaya Hidup Sehat Jika Menyandang Hipertensi

Baca Juga: Healthy Move, High Impact Walking Membakar Kalori Lebih Banyak, Ini Cara Melakukannya Dengan Benar

Gagal jantung, juga disebut gagal jantung kongestif, berasal dari tekanan berlebihan pada jantung. Ini terjadi karena jantung  harus memompa darah melalui arteri yang keras dan sempit.Padahal, kondisi ini merupakan salah satu penyebab utama kematian bagi penderita hipertensi. Ini karena secara langsung mempengaruhi otot jantung.

Gejala gagal jantung antara lain kesulitan bernapas, pembengkakan di seluruh anggotan badan, distensi perut, kesulitan tidur, inkontinensia urin, dan kelelahan atau merasa lemah.

4. DiabetesDiabetes berbeda dengan penyakit lain yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Ini karena diabetes bisa menjadi penyebab atau akibat dari tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Hilangnya kendali atas gula darah dapat mempengaruhi aliran darah. Ini juga dapat mempengaruhi kesehatan arteri dan mengganggu aliran darah yang tepat ke jantung.Namun, tekanan darah yang disebabkan oleh faktor lain dapat mempengaruhi darah dengan cara yang sama. Ini mengurangi kemampuan kita untuk menggunakan gula sebagai sumber energi.Terkadang, diabetes bisa bertambah parah pada pasien hipertensi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tekanan darah mempengaruhi metabolisme, fungsi pankreas, dan ginjal.