Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Latihan Penguatan Kaki Membantu Kita Beraktivitas dan Mencegah Cedera

Squat, salah satu gerakan menguatkan otot kaki.

GridHEALTH.id - Mereka yang gemar beraktivitas olahraga atau baru ingin memulai, banyak pilihan jenis olahraga yang tersedia.

Contohnya berjalan, berenang, berlari, bersepeda, hiking, dan apa pun yang membuat kita keluar dan bergerak. Namun, jangan lupa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat kaki kita kuat.

"Kaki adalah fondasi untuk sebagian besar aktivitas," kata Vijay Daryanani, ahli terapi fisik di Rumah Sakit Rehabilitasi Spaulding yang berafiliasi dengan Sekolah Kedokteran Harvard, di Boston, Amerika Serikat.

"Mereka adalah rumah bagi beberapa otot terbesar tubuh, dan membangun kaki yang sehat dapat meningkatkan kinerja seseorang, mengurangi cedera, dan meningkatkan daya tahan."

Empat otot melakukan pekerjaan kaki paling banyak yaitu paha depan, gluteus maximus (otot bokong), paha belakang, dan betis.

Berikut adalah keempat otot tersebut beserta fungsinya masing-masing;

 Quadriceps (paha depan). Juga dikenal sebagai otot paha, paha depan adalah sekelompok empat otot (oleh karena itu awalan "quad'). Mereka memperpanjang kaki di lutut dan menggerakkan setiap gerakan kaki seperti berdiri, berjalan, berlari, menendang, dan memanjat.Glutes. Otot terbesar tubuh, glutes (otot bokong) membuat kita tetap tegak dan membantu pinggul dan paha mendorong tubuh ke depan.Paha belakang. Adalah sekelompok tiga otot yang membentang di sepanjang bagian belakang paha dari pinggul hingga tepat di bawah lutut.

Mereka memungkinkan kita untuk memperpanjang kaki kita lurus di belakang tubuh dan mendukung gerakan pinggul dan lutut. Betis. Tiga otot membentuk betis, yang terletak di belakang kaki bagian bawah, mulai di bawah lutut dan meluas ke pergelangan kaki.

Mereka bekerja sama untuk menggerakkan kaki dan tungkai bawah dan mendorong kita ke depan saat kita berjalan atau berlari.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Latihan Menguatkan Kaki Agar Tidak Mudah Cedera

Baca Juga: 7 Sumber Makanan Bayi Terbaik Untuk Usia 1 Tahun Agar Cepat Gemuk

 "Menguatkan otot kaki meningkatkan kekuatan dan daya tahan, dan memperpanjangnya meningkatkan fleksibilitas untuk melindungi dari cedera."