Find Us On Social Media :

Makanan Bayi, Kandungan Vitamin A, B, C, D Wajib di Tahun Pertama

MPASI harus mengandung semua unsur vitamin demi tumbuh kembang bayi yang optimal.

GridHEALTH.id - Saat bayi tumbuh, mereka akan membutuhkan berbagai nutrisi untuk memastikan kesehatan mereka secara keseluruhan.Vitamin adalah bagian penting dari diet seimbang, dan penting bagi bayi untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan setiap hari.Memastikan si kecil mendapatkan awal yang sehat sangat penting. Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi  berasal dari ASI dan MPASI.

Vitamin pada dasarnya adalah sejumlah kecil nutrisi spesifik yang dibutuhkan tubuh kita untuk berkembang. Vitamin memberikan manfaat seperti sistem kekebalan yang lebih kuat, otot yang lebih sehat, dan kesehatan secara keseluruhan.

Sebagian besar vitamin mencapai kita melalui makanan. Namun, ada beberapa yang kita ambil dari hal-hal seperti sinar matahari, dan lainnya yang kita butuhkan untuk mendapatkan melalui suplemen.Selama beberapa bulan pertama kehidupannya, bayi akan mendapatkan hampir semua nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI.

Namun, satu vitamin khususnya yang sangat direkomendasikan oleh NHS untuk diberikan melalui suplemen untuk si kecil adalah vitamin D.

Vitamin D adalah nutrisi penting untuk anak-anak dan orang dewasa, membantu mendukung kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Sebagian besar dari kita akan mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari dan melalui beberapa makanan, tetapi ini seringkali tidak cukup, dan melindungi bayi adalah penting. Karena itu, kita harus memberi bayi Anda suplemen vitamin D.Jika  menyusui, NHS merekomendasikan untuk memberi si kecil suplemen vitamin D harian 8,5 hingga 10 mikrogram (mcg) sejak lahir. Ini berlaku terlepas dari apakah ibu mengonsumsi suplemen vitamin D sendiri.Suplemen vitamin D tersedia dalam berbagai bentuk, tetapi pada tahap ini, yang paling direkomendasikan adalah semprotan atau tetes.

Kita dapat menyemprotkan atau mengoleskan vitamin D langsung ke puting susu sebelum menyusui. Pastikan bahwa suplemen ini dirancang untuk si kecil di usia mereka.

Baca Juga: Aneka Pilihan Makanan Bayi Saat Diare, Lembut Namun Penuh Gizi

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat Jadi Teman Penyandang Hipertensi, Apa Saja?

Jika bayi sudah mengonsumsi lebih dari 500 ml susu formula sehari, mereka tidak memerlukan suplemen tambahan karena susu formula kebanyakan sudah diperkaya dengan vitamin D.

Vitamin untuk Bayi dari Enam hingga Dua Belas BulanKetika bayi mencapai usia ini, mereka akan mulai sedikit bergantung pada susu dan sebaliknya akan membutuhkan lebih banyak nutrisi dari makanan lain, yaitu makanan pendamping ASI (MPASI). Ada berbagai kebutuhan nutrisi tambahan untuk bayi antara enam dan 12 bulan, dan vitamin memainkan peran penting dalam perkembangan mereka.

Vitamin AVitamin A merupakan vitamin yang penting, terutama untuk bayi dan anak-anak. Vitamin A bertanggung jawab untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus memperbaiki mata dan kulit kita.Vitamin A dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan untuk membuat MPASI yaitu wortel, ubi, dan sayuran hijau ua.