Find Us On Social Media :

6 Cara Mengatasi Sariawan di Mulut, Kenali Penyebabnya

Berkumur dengan obat antiseptik, salah satu cara mengatasi sariawan di mulut.

 

GridHEALTH.id - Sariawan di mulut, juga disebut kandidiasis oral, adalah infeksi jamur pada mulut. Itu terjadi ketika ada penumpukan jamur Candida albicans di lapisan mulut.  Sariawan mulut dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak.

Luka pada seriawan berwarna putih atau kekuningan dan dikelilingi peradangan di sekitarnya. Kendati ukuran lukanya kecil, namun seriawan kerap membuat penderitanya tak enak makan dan tak nyaman berbicara.

Melansir Cleveland Clinic, penyebab sariawan bisa karena gesekan benda keras di bagian dalam mulut, tergigit atau terkena behel , makan makanan yang terlalu asam, dan adanya penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh seperti HIV/AIDS .

Sariawan juga bisa muncul bila kita kekurangan vitamin B-12, seng, asam folat, dan zat besi.

Melansir Medical News Today, seriawan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Namun, seringkali kita tidak tahan dengan rasa nyeri akibat luka mungil di mulut ini. Maka itu kita  dapat mencoba beberapa cara mengatasi sariawan di mulut.

1. Gunakan obat sariawan

Gunakan obat sariawan khusus yang dijual di apotek dalam bentuk krim, salep, gel, atau cairan.

Beberapa obat tersebut biasanya mengandung antiseptik untuk mengatasi infeksi kuman di mulut.

Sementara untuk obat sariawan yang diminum, biasanya obat hanya diresepkan dokter ketika sariawan parah dan obat yang dijual bebas tak mempan mengatasinya.

Jika menderita sariawan, kita memerlukan obat antijamur. Namun, kita dapat membantu mengelola gejala yang mengganggu dengan pengobatan rumahan juga.

Sangat penting untuk mengobati sariawan sesegera mungkin untuk menghindar dari infeksi. Dokter sering meresepkan obat antijamur dalam bentuk obat kumur, pil, atau pelega tenggorokan.