Find Us On Social Media :

Apakah Kutil di Leher Dapat Menular? Cari Tahu Gejala dan Penyebabnya

Kutil di leher akibat virus HPV berisiko menular.

GridHEALTH.id -Virus HPV yang menyebabkan kutil dapat ditularkan dari orang ke orang atau dari permukaan ke orang. Mungkin juga kutil menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian lain.Kutil dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi pada jari, tangan, leher dan kaki. Kutil filiformis sering tumbuh di wajah.Kutil biasanya tidak berbahaya dan tidak menyakitkan. Namun, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika mereka berada di tempat-tempat seperti bagian bawah kaki atau jari yang sering digunakan.

Bagaimana kutil menyebar dari orang ke orang?  Salah satu cara kutil dapat menyebar adalah dari orang yang terinfeksi ke orang lain. Meskipun kita tidak selalu mendapatkan kutil jika menyentuh kutil orang lain, itu salah satu cara untuk mendapatkan virus HPV.Sistem kekebalan yang berbeda bereaksi secara berbeda terhadap HPV.  Kita mungkin terkena kutil jika bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, atau mungkin tidak.Strain HPV yang menyebabkan kutil sangat umum, dan hampir semua orang terpapar di beberapa titik, tetapi beberapa orang tidak akan pernah mengembangkan kutil. Lamanya waktu yang dibutuhkan kutil untuk tumbuh juga dapat bervariasi dari orang ke orang.Memiliki luka atau goresan di area yang menyentuh kutil orang lain membuat kutil lebih mungkin menyebar. Ini adalah salah satu alasan kutil lebih sering terjadi pada anak-anak, yang cenderung lebih rentan terhadap cedera ringan.Jenis HPV tertentu yang menyebabkan kutil kelamin hanya menyebar melalui kontak seksual. Kita  mendapatkannya melalui kontak seksual kulit-ke-kulit – vagina, anal, atau oral, dengan seseorang yang terinfeksi.Virus ini berbeda dengan jenis HPV lainnya, jadi kita  tidak akan terkena kutil kelamin jika seseorang yang memiliki kutil di tangan atau jari menyentuh alat kelamin.Kita juga bisa mendapatkan kutil jika menyentuh permukaan tertentu yang disentuh orang dengan infeksi aktif.

Kita juga bisa mendapatkan kutil jika  berbagi barang-barang pribadi seperti handuk atau pisau cukur. Ini karena HPV bisa sulit dibunuh dengan disinfektan.Kita lebih mungkin terkena HPV dari permukaan basah, seperti area kolam renang, pancuran bersama, atau handuk yang digunakan orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Penyebab Tumbuh Kutil Leher dan 5 Bahan Alami untuk Menghilangkannya

Baca Juga: Healthy Move, Low-Intensity Steady State , Tren Baru Aktivitas Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

Tidak mungkin melindungi diri  kita sepenuhnya dari mengambil HPV dan mengembangkan kutil jika kita rentan terhadapnya. Namun, ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mencegah penyebaran kutil.Untuk membantu mencegah penyebaran dari orang ke orang dengan cara;

- Bersihkan tangan secara teratur.

- Desinfeksi luka dan jaga agar tetap bersih dan kering.

- Jangan menyentuh kutil orang lain.- Kenakan sepatu di tempat umum seperti kolam renang, ruang ganti gym, dan pancuran.

Baca Juga: Hati-hati, Sakit Jantung Ternyata Bisa Pengaruhi Kondisi Ekonomi

Baca Juga: Kenali, Tujuh Komplikasi Bakal Terjadi Jika Hipertensi Tidak Diobati

- Bersihkan semua permukaan yang terkena kutil, baik milik kita sendiri atau milik orang lain.