Find Us On Social Media :

5 Titik Pijat Tekanan Agar Cepat Tidur, Lakukan Secara Rutin

Coba lakukan pijat akupresur jika susah tidur agar tidur cepat.

GridHEALTH.id - Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup umum yang membuat sulit untuk tertidur dan tetap tertidur sampai keesokah arinya.

Orang yang mengalami insomnia sulit mendapatkan tidur berkualitas, tujuh hingga sembilan jam tidur per malam yang direkomendasikan para ahli.Beberapa orang mengalami periode insomnia yang singkat selama beberapa hari atau minggu, sementara yang lain mengalami insomnia selama berbulan-bulan.Terlepas dari seberapa sering kita mengalami insomnia, akupresur dapat memberikan solusi. Akupresur melibatkan penggunaan sentuhan fisik untuk merangsang titik-titik tekanan yang sesuai dengan berbagai aspek kesehatan fisik dan mental.

Akupresur telah ada selama ribuan tahun, tetapi baru-baru ini para ahli mulai mengevaluasi efektivitasnya sebagai perawatan medis. Sementara sebagian besar penelitian yang ada tentang akupresur dan tidur kecil, hasilnya menjanjikan.Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 2010 melibatkan 25 peserta di fasilitas perawatan jangka panjang yang mengalami kesulitan tidur. Kualitas tidur mereka meningkat setelah lima minggu perawatan akupresur. Manfaatnya bertahan hingga dua minggu setelah mereka berhenti menerima pengobatan.Sebuah studi 2011 yang melibatkan 45 wanita pascamenopause dengan insomnia memiliki hasil yang sama setelah empat minggu pengobatan.Ada banyak penelitian dengan temuan serupa, tetapi semuanya relatif kecil dan terbatas. Akibatnya, para ahli tidak memiliki cukup data berkualitas tinggi untuk menarik kesimpulan konkrit.Namun, juga tidak ada bukti bahwa akupresur menurunkan kualitas tidur, jadi patut dicoba jika  tertarik.Meskipun kita dapat melakukan akupresur oleh seorang profesional, kita juga dapat mencoba merangsang titik-titik tekanan sendiri.

Berikut adalah lima titik tekanan yang dapat kita coba dan cari tahu lebih banyak tentang ilmu di balik penggunaan akupresur untuk tidur;

1. Spirit gate (gerbang roh)

 Baca Juga: Kenali Titik Pijat Refleksi Kaki dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Healthy Move, Aneka Gerakan Untuk Menghilangkan Punuk di Leher

Titik gerbang roh terletak di lipatan pergelangan tangan luar, di bawah jari kelingking.     Rasakan ruang kecil dan berongga di area ini dan berikan tekanan lembut dalam gerakan melingkar atau naik-turun. Lanjutkan selama dua hingga tiga menit.

Pegang sisi kiri titik dengan tekanan lembut selama beberapa detik, lalu tahan sisi kanan.     Ulangi pada area yang sama di pergelangan tangan yang lain.

Merangsang titik tekanan ini dikaitkan dengan menenangkan pikiran yang dapat membantu kita tertidur.

2. Three yin intersection (persimpangan tiga yin)Titik persimpangan tiga yin terletak di kaki bagian dalam, tepat di atas pergelangan kaki. Untuk mengobati insomnia temukan titik tertinggi di pergelangan kaki.