Find Us On Social Media :

Healthy Move, Manfaat Berlatih Acrogym, Latihan Aerobik Diselingi Tarian

Acrogym, olahraga gabungan senam dan aerobik yang punya banyak manfaat.

GridHEALTH.id - Mungkin di antara kita pernah melihat sekelompok orang melakukan lompatan, putaran, piramida, dan aksi luar biasa di tengah permainan bola basket di beberapa titik. Itu acrogym atau acrogymnastic. Ini adalah jenis olahraga yang dipraktikkan dengan musik.Ini juga dikenal sebagai acrosport, acrogymnastics, atau acrobatic gymnastics. Sebenarnya, namanya menggabungkan sedikit dari kedua kegiatan akrobat dan senam, khususnya senam ritmik.Apa itu acrogym? Acrogym adalah olahraga pertunjukan yang didasarkan pada gerakan senam, seperti jungkir balik dan membalik, dengan beberapa langkah koreografer dan bahkan beberapa elemen tarian.Latihan senam akrobatik lahir di bekas Uni Soviet. Pada tahun 1974, kejuaraan pertama dari modalitas ini diadakan, yang merupakan bagian dari Federasi Internasional Olahraga Akrobatik, serta Federasi Senam Internasional.Saat ini, ada klub senam akro untuk anak-anak dan remaja. Juga, banyak pusat kebugaran memasukkan rutinitas akrogym atau menawarkannya sebagai bagian dari program mereka untuk segala usia.

Apa manfaat acrogym? Beberapa gerakan akrosport dapat dilakukan sebagai latihan solo, meskipun pertunjukannya berpasangan atau dalam kelompok kecil. Yang paling penting adalah, bagaimanapun kita erlatih akrogym, itu memberikan berbagai manfaat.

- Dari sudut pandang fisik, latihan acrogym meningkatkan kekuatan dan kontrol, serta fleksibilitas dan koordinasi. Semua ini terlihat ketika menjadi tonus otot yang lebih baik dan respons tubuh yang lebih efisien.Demikian juga, ini adalah aktivitas fisik yang intens dan menuntut yang membantu membakar lemak dan kalori. Ini membuatnya ideal bagi mereka yang mencari rencana untuk menurunkan berat badan sambil mempertahankan kekencangan kulit mereka.Ini melatih otot-otot punggung bawah dan punggung secara umum. Berkat ini, orang yang berlatih acrogym memperkuat pemeliharaan postur yang benar.Dan tentu saja, sebagai aktivitas aerobik di mana ritme pernapasan dan detak jantung meningkat, rutinitas acrogym berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular.

- Dari sudut pandang tari. Karena erat kaitannya dengan tari, manfaat acrogym sama dengan tari.  Ini membantu mengatasi stres dan keputusasaan, membuat kita rileks dan bersenang-senang untuk sementara waktu.Pada saat yang sama, penelitian telah menyimpulkan bahwa senam akro meningkatkan konsep diri orang dengan masalah fisik atau emosional, karena peserta merasa diterima, terlibat, dan seperti bagian dari kelompok.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Latihan Aerobik yang Dapat Mengoptimalkan Kerja Otak

Baca Juga: Perfeksionis Cenderung Memiliki Gangguan Kesehatan Mental, Studi

Terlihat, gerakan yang dilakukan dalam acrogym menuntut dan dapat menghasilkan rasa takut atau tidak aman.

Namun, ketika orang tersebut menghadapi tantangan semacam ini dan dapat mengatasinya, mereka membebaskan diri dari ketakutan dan dapat menghadapi situasi atau kesulitan lain dalam kehidupan pribadi mereka.Oleh karena itu, acrogymnastics sangat ideal untuk membantu memperkuat harga diri dan meningkatkan rasa perbaikan diri.

Dalam hal ini, menurut studi tentang kerja sama dalam aktivitas fisik, ketika satu anggota mencapai suatu tujuan, anggota tim lainnya merasa bahwa mereka juga telah mencapainya.

- Manfaat sosial. Melakukan gerakan kelompok dalam senam akrobatik membutuhkan pengorganisasian dan kerjasama yang baik dengan rekan satu tim.

Ini meningkatkan keterampilan dasar yang sangat dihargai saat ini, yaitu kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim.

Baca Juga: Tingkat Asam Lambung Tinggi Dapat Mencegah Keracunan Makanan, Studi