Find Us On Social Media :

Waspada Musim Hujan, Tekanan Darah Pasien Hipertensi Bisa Tinggi Karena Cuaca Dingin dan Polusi Udara

Polusi dan cuaca dingin bisa berpengaruh pada tekanan darah tinggi.

GridHEALTH.id - Pada tahun 1961, peneliti Geoffrey Rose mempelajari variasi musiman dalam tekanan darah dan menemukan bahwa cuaca dingin dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. “Suhu di luar ruangan merupakan penentu utama fluktuasi musiman yang diamati pada tekanan darah, dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan lebih rendah di musim dingin dan musim panas, masing-masing,” kata Dr. Ragavendra Baliga, ahli jantung di The Ohio State University Wexner Medical Center. Suhu lingkungan yang rendah sangat terkait dengan peningkatan penerimaan rumah sakit untuk serangan jantung akut, stroke dan kematian kardiovaskular yang lebih tinggi, Baliga menambahkan. Berapa banyak tekanan darah meningkat dalam cuaca dingin tergantung pada variabel termasuk suhu saat ini, angin dingin, berapa lama seseorang terkena cuaca dingin dan kesehatan orang tersebut, menurut peneliti dari University of Florida. Namun, peneliti Universitas Florida menemukan bahwa terpapar suhu 12 derajat Celcius hanya selama lima menit dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang signifikan. Penelitian tambahan telah menunjukkan bahwa cuaca dingin dapat meningkatkan tekanan darah terlepas dari usia  atau di mana kita  tinggal, tetapi dampaknya cenderung lebih berat pada orang seiring bertambahnya usia.

Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Nasional Prancis melakukan penelitian selama dua tahun, yang melacak 8.800 orang berusia 65 tahun ke atas di tiga kota. Peningkatan tekanan darah di musim dingin adalah yang tertinggi di antara orang-orang berusia 80 dan lebih tua, penelitian tersebut menemukan. “Secara umum,  tekanan darah pada orang yang lebih tua sudah lebih tinggi daripada orang yang lebih muda, jadi penurunan suhu lebih mungkin untuk meningkatkan tekanan darah orang yang lebih tua] i atas tingkat ambang batas,” kata Dr. Lu Shi, seorang profesor ilmu kesehatan masyarakat di Clemson University di California, AS. Orang-orang yang saat ini dirawat karena tekanan darah tinggi juga menghadapi risiko lebih tinggi untuk meningkatkan masalah kesehatan, kata para ahli. “Bagi orang yang memiliki penyakit jantung dan mereka yang sedang dikontrol dengan obat tekanan darah, jika mereka keluar dalam suhu yang sangat dingin seperti badai salju atau memutuskan untuk menyekop salju, mereka mungkin mulai mengalami gejala seperti sesak napas dan sesak dada,” kata Dr. Nieca Goldberg, direktur medis Pusat Kesehatan Wanita Joan H. Tisch di Pusat Medis Langone Universitas New York. Ada kemungkinan bahwa cuaca lain dan kondisi terkait lingkungan juga dapat memengaruhi tekanan darah, tetapi peningkatan tersebut tampaknya lebih terkait dengan perubahan suhu dan bukan sinar matahari atau curah hujan, kata para ahli.

Baca Juga: Eropa Sedang Mengembangkan Vaksin Hipertensi Agar Pasien Darah Tinggi Tak Perlu Sering Minum Obat

Baca Juga: 4 Pengobatan Rumahan Meredakan Napas Bunyi Mengi yang Sering Muncul

“Ada semakin banyak bukti bahwa kabut asap dapat meningkatkan tekanan darah, karena kabut asap membuat tubuh terpapar partikel,” kata Shi. “Selain itu, kondisi cuaca apa pun  panas, misalnya yang memicu respons stres dapat meningkatkan tekanan darah,” tambahnya. American Heart Association dan American College of Cardiology baru-baru ini mengeluarkan pedoman baru yang berarti bahwa 103 juta orang dewasa sekarang dianggap memiliki tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan 72 juta orang di bawah standar sebelumnya. “Meskipun lebih banyak orang akan dianggap memiliki tekanan darah tinggi, ini merupakan peluang untuk perubahan gaya hidup bagi banyak orang, karena hanya diperkirakan akan ada peningkatan 1,9% pada mereka yang membutuhkan pengobatan sebagai akibat dari perubahan tersebut,” kata Goldberg. Untuk memerangi dampak suhu yang lebih rendah pada tekanan darah, dokter menyarankan untuk tetap hangat dalam cuaca dingin dan memantau tingkat tekanan darah, terutama untuk lansia dan mereka yang saat ini memiliki hipertensi.

Tak hanya hawa dingin, polusi juga bisa jadi faktor pemicu tekanan darah tinggi. Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal kesehatan Hypertension melaporkan adanya hubungan mengejutkan antara tekanan darah tinggi dengan polusi udara.

 Para peneliti asal China yang dikepalai Yuanyuan Cai dari Sun Yat-Sen University di Taiwan itu menganalisis data berbagai penelitian yang mengenai hubungan polusi udara dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, orang-orang yang mengalami kontak terus-menerus dengan polusi udara tingkat tinggi (140 mm Hg), dengan komposisi ozone, karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida cenderung mengalami tekanan darah tinggi dibanding mereka yang terekspos lebih sedikit polusi udara. Paparan polusi udara yang masuk ke tubuh ini bisa mengakibatkan efek samping jangka pendek maupun panjang.

Bahkan risiko serangan hipertensi ini tetap tinggi meskipun faktor penyebab lainnya, seperti kelebihan berat badan dan masalah jantung sudah normal. Dengan kata lain, meski kita memiliki berat badan ideal, olahraga cukup dan tak punya riwayat penyakit jantung, jika masih sering terpapar polusi udara setiap hari, risiko mengalami hipertensi tetap tinggi.

Tentu saja penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat pengaruh lebih lanjut mengenai hubungan polusi udara dan hipertensi ini.

Baca Juga: Healthy Move, Manfaat Berlatih Acrogym, Latihan Aerobik Diselingi Tarian

Baca Juga: Obat Kutil Alami Nanas, Begini Cara Membuatnya. Mampu Lenyapkan Kutil di Kulit

Namun penemuan ini cukup bisa dijadikan peringatan bagi banyak orang agar lebih hati-hati dengan lingkungan, memakai masker ke mana pun pergi dan menghindari sebisa mungkin area-area polusi udara seperti jalan raya dan lain sebagainya. (*)