Find Us On Social Media :

Healthy Move, 7 Latihan Kekuatan Otot Untuk Lansia Agar Sehat di Rumah

Latihan kekuatan otot perlu terus dilakukan lansia.

GridHEALTH.id - Latihan pembentukan otot untuk lansia menawarkan manfaat besar yang membantu mengendalikan nyeri sendi dan lainnya. Lansia juga bisa membangun daya tahan dan kekuatan untuk mencegah jatuh. Kita bahkan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Perlu diingat, seiring bertambahnya usia, otot  tidak merespons latihan dengan cara yang sama seperti dulu. Tapi ini seharusnya tidak membuat kita putus asa.

Sebaliknya, tujuannya adalah agar kita melakukan gerakan sebanyak mungkin, dengan mempertimbangkan batasan kita.

Berikut adalah latihan untuk meningkatkan pembentukan otot pada lansia. ;

1.Fleksibilitas dan jari

Mulailah dengan kursi. Duduk dengan tangan terentang di depan, mulailah membayangkan bahwa ada dinding di depan kita. Tujuannya agar kita mengangkat tangan dan menggerakkan jari seperti orang memanjat dinding.

Ketika lengan mencapai di atas kepala, kita dapat menggerakkan semua 10 jari selama 10 detik dan kemudian mengembalikannya ke posisi semula.

Untuk menyelesaikan, bawa tangan ke belakang hingga bersentuhan. Cobalah untuk menahannya selama beberapa detik sambil meregangkan lengan,

2. Berjalan kaki-ke-kaki

Di sini kita memperkuat kaki sambil berjalan sejauh yang kita  bisa dari ujung kaki ke ujung kaki. Mulailah dengan menempatkan kaki kanan di depan kaki kiri sehingga tumit kaki kanan menyentuh bagian atas jari-jari kaki kiri .

Idenya adalah untuk beralih bolak-balik di antara kedua kaki, tetapi tetap bersama dengan tumit. Cobalah untuk mengambil lebih dari 20 langkah dalam posisi ini.

3. Peregangan jam