Find Us On Social Media :

Jangan Menggunting Kutil, Bisa Berbahaya, Atasi Dengan Obat Kutil Rumahan

Berbahaya, jangan menggunting kutil sendiri.

GridHEALTH.idKutil atau dikenal juga sebagai akrokordon, adalah pertumbuhan kulit jinak yang umum. Sebanyak setengah dari semua orang dewasa pernah mengalaminya paling tidak satu kali dalam hidup mereka.Ini bisa muncul di lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, leher atau di kelopak mata. Mereka biasanya tidak bergejala tetapi bisa menjadi nyeri jika meradang atau teriritasi.

Apa penyebab kutil?Apa yang menyebabkan kutil tidak diketahui. Namun, para ahli percaya bahwa gesekan antar lipatan kulit berperan dalam perkembangannya.Ini dapat membantu menjelaskan mengapa kutil lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Kecenderungan kutil juga nampaknya meningkat seiring bertambahnya usia. Bagaimana cara mengidentifikasi kutil?Kutil biasanya memiliki warna yang sama dengan bagian kulit kita yang lain. Biasanya terlihat seperti sepotong kulit longgar yang diikat oleh tangkai ke tubuh kita, dan kita sering dapat menggoyangkannya ke depan dan belakang dengan jari-jari.Ukuran kutil juga bisa bervariasi dan seringkali datang dalam bentuk tandan. "Saya tidak pernah melihat seseorang datang dengan hanya satu kutil,"kata Joyce Davis, MD, seorang dokter kulit di praktik swasta di New York."Biasanya mereka juga memiliki permukaan yang halus, tidak seperti kutil, yang biasanya kasar atau bergelombang," tambahnya.

Meski tidak berbahaya, namun ada yang nekat memotongnya sendiri karena alasan penampilan. Padahal, memotong kutil sendirian bisa berisiko mengalami pendarahan.Penting untuk diperhatikan bahwa kita tidak perlu menghilangkan kutil sama sekali, karena tidak berbahaya. Selain itu, para ahli tidak menyarankan untuk mencoba menghilangkan kutil sendirian di rumah karena berbagai alasan.

Baca Juga: Obat Kutil Alami Nanas, Begini Cara Membuatnya. Mampu Lenyapkan Kutil di Kulit

Baca Juga: Titik Pijat Pada Wajah Dengan Teknik Gua Sha Untuk Menangani Masalah Kulit, Simak Selengkapnya!

"Pertama, kutil itu memiliki pembuluh darah di dalamnya, jadi jika Anda melepaskannya, itu bisa berdarah," kata Joyce Davis, MD, seorang dokter kulit di praktik swasta di New York.

Dan semakin besar atau lebar tangkai dari kutil tersebut, semakin besar kemungkinan untuk mengeluarkan banyak darah."Anda mungkin cukup terkejut dengan jumlah perdarahan yang berasal dari sesuatu yang sangat kecil," kata dokter kulit Jason A Clark, MD, Asisten Profesor Dermatologi, Departemen Dermatologi Emory, yang juga tidak menyarankan tindakan menghilangkan kutil tanpa bantuan medis.Plus, Anda mungkin akan mendapatkan bekas luka atau infeksi jika alat yang digunakan untuk menghilangkannya tidak disterilkan, kata Clark.Untuk menghindari jaringan parut dan infeksi, kunjungi dokter yang memiliki beberapa pilihan pengangkatan untuk kutil seperti memotongnya, membekukannya atau membakarnya (juga dikenal sebagai kauterisasi).

Alasan lain untuk menemui dokter kulit adalah kita bisa mendapatkan diagnosis yang benar.  Tanda kulit itu mungkin hanya tanda kulit, tapi bisa jadi sesuatu yang lain lebih berbahaya, kata Clark.Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, meskipun kutil tidak tumbuh kembali setelah dipotong, namun ini tidak menghilangan potensi tumbuh kutil yang baru di tempat lain."Saya bisa memotongnya, tapi tidak bisa mencegah menumbuhkan yang baru," kata Clark.Pengobatan alami untuk kutil

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di beberapa area tubuh, yaitu:

1. Cuka Sari Apel - Campurkan cuka sari apel dengan air dan rendam kapas lalu aplikasikan pada bagian kutil hingga tertutup seluruhnya, diamkan selama beberapa jam dengan demikian sifat asam ini yang membantu menghilangkan kutil.

2. Lidah Buaya - Potong lidah buaya dan ambillah gel yang ada di dalamnya, lalu oleskan pada area kutil maka akan membantu menghilangkannya, karena lidah buaya baik untuk kulit dan sebagai obat untuk luka bakar, luka, memar, juga kutil.

Baca Juga: 5 Titik Pijat Tekanan Agar Cepat Tidur, Lakukan Secara Rutin