Find Us On Social Media :

5 Makanan Tinggi Protein yang Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi makanan tinggi protein yang tepat seperti edamame, dapat menurunkan kolesterol tinggi.

GridHEALTH.idMakanan tinggi protein dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang. Tapi, perlu berhati-hati saat memilihnya.

American Heart Association menyebutkan, sejumlah sumber makanan tinggi protein memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, seperti daging merah.

Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat berakibat pada naiknya kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat membahayakan jantung.

Adapun jenis makanan tinggi protein atasi kolesterol yang baik dikonsumsi sehari-hari adalah berikut ini.

1. Ikan salmon

Melansir Mayo Clinic, salmon merupakan salah satu makanan penurun kolesterol. Ikan ini juga tinggi akan kandungan proteinnya, lho.

Dari 100 gram salmon, bisa mendapatkan 20 gram protein. Selain itu, ikan salmon menjadi sumber asam omega-3 yang dapat mengurangi kadar trigliserida.

Namun, makan ikan salmon juga tidak boleh berlebihan. Baiknya dimakan dua kali dalam satu minggu dan diolah dengan cara dipanggang.

2. Edamame

Makanan tinggi protein atasi kolesterol tinggi lainnya adalah edamame. Berdasarkan data USDA, kandungan protein 100 gram edamame mencapai 11,5 gram.

Penelitian dari National Institute of Health, penderita kolesterol tinggi yang mengonsumsi 25 gram edamame per harinya, dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 3-4%.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol Secara Cepat dengan Konsumsi 6 Buah Berikut Ini!