Find Us On Social Media :

10 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Wajib Tahu!

Mendengarkan musik, salah satu cara mengelola stres untuk menurunkan hipertensi.

GridHEALTH.id - Seseorang dikatakan memiliki penyakit darah tinggi apabila hasil cek tensinya tiga kali berturut di atas ambang batas normal dalam rentang waktu tiga bulan.

Melansir Emedicine Health, penyakit darah tinggi tidak bisa sembuh ,bahkan perlu dikendalikan seumur hidup.

Pengendalian hipertensi seumur hidup akan meminimalkan risiko terkena serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, dan berbagai penyakit lainnya.

Tidak seperti penyakit lain di mana obat diminum hanya dalam waktu singkat, obat tekanan darah tinggi biasanya diharapkan diminum seumur hidup individu.

Meskipun demikian, perubahan gaya hidup yang signifikan dapat menurunkan level tekanan darah menjadi normal, meskipun pengelolaan penyakit ini tetap harus dilanjutkan.

Berikut beberapa tip yang mungkin dapat membantu kita meminimalkan pengobatan, tentunya di bawah pengawasan dokter.

Ini 10 cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang wajib kita ketahui

1. Penurunan berat badan: Obesitas dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Penurunan berat badan telah menjadi cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Bahkan kehilangan 5 kilogram dapat menurunkan tekanan darah. Selain menurunkan berat badan, seseorang umumnya harus fokus pada lemak perut.

Pria dengan ukuran pinggang di atas 110 cm dan wanita dengan ukuran pinggang di atas 85 cm  inci berisiko terkena tekanan darah tinggi.

2. Diet DASH: Sebuah program diet yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) disarankan untuk mengontrol dan mencegah tekanan darah tinggi.

Disarankan untuk menghindari makanan tinggi lemak, makanan olahan, dan makanan yang mengandung gula dan garam.