Find Us On Social Media :

Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat yang Sering Diabaikan, Waspada!

Berkeringan dingin dan mengucur, bisa jadi salah satu tanda jantung tidak sehat.

GridHEALTH.id - Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas.  Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di dada, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang terjadi."Jika Anda tidak yakin, periksalah," kata Charles Chambers, MD, direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.Itu terutama benar jika kita berusia 60 tahun atau lebih, kelebihan berat badan, atau menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

"Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki semakin Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung. Jadi harus waspada pada tanda-tandanya."Terutama hati-hati untuk tanda-tanda jantung tidak sehat ini;

1. Ketidaknyamanan dadaIni adalah tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika  memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, kita mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada."Setiap orang memiliki kata yang berbeda untuk perasaan itu," kata Chambers. "Beberapa orang mengatakan itu seperti gajah sedang duduk di atasnya. Orang lain mengatakan itu seperti dicubit atau terbakar."Perasaan itu biasanya berlangsung lebih lama dari beberapa menit. Ini mungkin terjadi ketika kita sedang istirahat atau ketika kita melakukan sesuatu yang fisik.Jika itu hanya rasa sakit yang sangat singkat, atau jika itu adalah tempat yang lebih sakit ketika kita menyentuh atau mendorongnya,  itu mungkin bukan jantung, kata Chambers.

Kita tetap harus memeriksakannya ke dokter. Jika gejalanya lebih parah dan tidak hilang setelah beberapa menit, segera ke rumah sakit.

Tetapi kita perlu mengetahui bila mengalami masalah jantung,  bahkan serangan jantung, tanpa nyeri dada. Itu sangat umum di kalangan wanita.

Baca Juga: Coba 6 Ramuan Herbal Berikut, Ampuh Membantu Solusi Penyakit Jantung

Baca Juga: Covid-19 Bakal Berakhir Sudah di Depan Mata, Haruskah Terus Memakai Masker Saat di Pesawat?

2. Mual, gangguan pencernaan, mulas, atau sakit perutBeberapa orang memiliki gejala ini selama serangan jantung. Mereka bahkan mungkin muntah, kata Chambers. Wanita lebih cenderung melaporkan jenis gejala ini daripada pria.Tentu saja, kita dapat mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung.

Bagaimanapun, itu bisa saja sesuatu yang kita makan. Tetapi kita perlu menyadari bahwa itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.Jadi, jika kita merasa seperti ini dan kita berisiko mengalami masalah jantung, biarkan dokter mencari tahu apa yang terjadi, terutama jika kita juga memiliki gejala lain dalam daftar ini.3. Nyeri yang menyebar ke lenganGejala serangan jantung klasik lainnya adalah rasa sakit yang menjalar ke sisi kiri tubuh."Hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar," kata Chambers. "Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang terutama mengalami nyeri lengan yang ternyata merupakan serangan jantung."

4. Merasa pusing atau pening

Banyak hal yang bisa membuat kita kehilangan keseimbangan atau merasa pingsan sesaat. Mungkin kita tidak cukup makan atau minum, atau kita berdiri terlalu cepat.Tetapi jika kita tiba-tiba merasa goyah dan kita juga mengalami ketidaknyamanan dada atau sesak napas, segera hubungi dokter."Itu bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa sebagaimana mestinya," kata Bufalino.

Baca Juga: Titik Pijat Refleksi Tangan Atasi Batuk dan Pilek, Tanpa Harus Minum Obat