Find Us On Social Media :

Cara Diet Hipertensi yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah

Pola makan DASH jadi diet hipertensi menurunkan tekanan darah.

GridHEALTH.id - Dengan memulai beberapa kebiasaan makanan baru, termasuk menghitung kalori dan memperhatikan ukuran porsi, kita dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi obat yang  dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Begini caranya;

1. Lacak apa yang kita makan

Beberapa orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang mereka makan dan minum setiap hari. Mereka mungkin meremehkan berapa banyak yang mereka makan dan bertanya-tanya mengapa mereka tidak bisa menurunkan berat badan.Menuliskan makanan yang kita makan, termasuk ukuran porsi, dapat membuat kita melihat kebenaran tentang asupan makanan kita.

Kita kemudian dapat mulai mengurangi kalori dan porsi  untuk menurunkan berat badan dan mengatur tekanan darah Anda.Waspadai juga asupan alkohol. Alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah kita.

2. Hindari garam/natriumDiet tinggi natrium meningkatkan tekanan darah pada banyak orang. Faktanya, semakin sedikit natrium yang kita makan, semakin baik kontrol tekanan darah yang kita miliki.The American Heart Association merekomendasikan untuk mendapatkan kurang dari 2.500 miligram (mg) natrium setiap hari, kecuali jika memiliki tekanan darah tinggi atau jika  berisiko (jika punya diabetes atau penyakit ginjal, atau orang Afrika-Amerika) berarti harus dikurangi.

Rekomendasinya hanyalah 1.500 miligram garam sehari. Itu kurang dari satu sendok teh dari semua makanan dan camilan kita per hari.Untuk menurunkan natrium dalam diet , cobalah saran ini:

- Gunakan buku harian makanan untuk melacak garam dalam makanan yang kita makan.

Baca Juga: Pahami Diet DASH, Saah Satu Cara Gaya Hidup Penyandang Hipertensi

Baca Juga: Terapi Asam Urat Alami, Perubahan Pola Makan Hingga Rutin Minum Kopi

- Hilangkan kebiasaan meraih pengocok garam secara otomatis. Garam meja mengandung sekitar 40% natrium, menurut American Heart Association. Jadi hindari menambahkan garam ke makanan di meja.

-    Baca label saat berbelanja. Carilah sereal rendah sodium, biskuit, saus pasta, sayuran kaleng, atau makanan apa pun dengan pilihan rendah garam.

- Pilih makanan yang memiliki 5% atau kurang dari "Nilai Harian" natrium.