Find Us On Social Media :

Healthy Move, Punya Multiple Sclerosis? Pilates Latihan yang Paling Disarankan

Pilates, olahraga yang disarankan bagi penyandang multiple sclerosis (MS).

GridHEALTH.id - National Multiple Sclerosis Society menjelaskan bahwa multiple sclerosis (MS) adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, khususnya otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik.

Seiring perkembangan penyakit, kerusakan pada sistem saraf pusat terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang myelin pelindung yang menutupi serabut saraf.

Kerusakan saraf menyebabkan gangguan komunikasi antara saraf dan otak yang menyebabkan sejumlah gejala termasuk sensasi kesemutan, mati rasa, kelumpuhan, dan nyeri. MS juga dapat menyebabkan masalah dalam suasana hati dan memori.Tidak ada penyebab spesifik yang diketahui untuk MS dan gejala yang dialami dapat bervariasi dari orang ke orang, termasuk usia hidup yang diperkirakan.

Pilihan pengobatan juga dapat bervariasi, tergantung pada individu, dan untuk banyak pasien MS, olahraga teratur dianjurkan untuk membantu mengelola gejala. Tapi jenis olahraga apa yang baik untuk MS?

Komponen penting dari setiap latihan rutin adalah salah satu yang menawarkan tantangan dan peluang yang konsisten untuk menjadi lebih kuat atau memiliki lebih banyak stamina.

Pilates, bentuk aktivitas kebugaran yang populer, adalah bentuk latihan ketahanan menggunakan berat badan, matras, dan peralatan khusus untuk bergerak melalui serangkaian gerakan yang dirancang khusus.

Bentuk Pilates saat ini diciptakan oleh Joseph Pilates pada tahun 1920-an. Dia bekerja sebagai pelatih fisik untuk membantu tentara kembali dari perang serta penari untuk menyembuhkan tubuh mereka dan mendapatkan kembali kekuatan mereka.Latihan ini dirancang untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kontrol tubuh, dan kekuatan dengan fokus pada peningkatan dan penguatan kelompok otot inti.

Fokus pada kekuatan inti membantu menciptakan stabilisasi saat bergerak melalui gerakan tubuh rutin lainnya.

Latihan pilates terlihat dengan gerakan yang tampaknya sederhana yang diulang dengan kecepatan dan latihan yang dapat diatur.

Namun, aktivasi dan penggunaan kelompok otot yang lebih dalam yang diperlukan untuk stabilisasi ini menciptakan latihan yang lebih berdampak tanpa memerlukan berjam-jam kardio atau angkat beban yang berat dan intens. Kebanyakan latihan Pilates rata-rata berlangsung sekitar 45 menit.

Baca Juga: Healthy Move, Pilates di Rumah untuk Pemula Bikin Tubuh Lentur

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat Pada Bayi Baru Lahir dan Cara Penanganannya