Find Us On Social Media :

Rambut Rontok pada Wanita dan Sampo yang Tepat untuk Mengatasinya

Rambut rontok bisa dicegah dengan pemilihan sampo yang tepat.

GridHEALTH.id - Rambut rontok selalu menimbulkan kecemasan tersendiri pada wanita, karena rambut ibarat mahkota.

Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen.Jumlah rambut akan lepas atau rontok sekitar 50–100 helai setiap harinya. Hal ini normal, karena ada juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Pertumbuhan rambut normal akan diawali dengan fase pertumbuhan (fase anagen), di mana rambut tumbuh dan bertahan selama 2-6 tahun.Setelah itu, rambut akan rontok dan akan tumbuh kembali 2–3 bulan setelah rontok (fase telogen).

Sebelum rontok, rambut akan memasuki masa transisi selama 2–3 minggu (fase katagen). Jika siklus pertumbuhan rambut ini terganggu, rambut akan rontok hingga bisa berujung pada kebotakan.  Tak hanya pada orang dewasa, rambut rontok juga bisa dialami oleh anak-anak dan bayi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut tergganggu, hingga berakibat pada rambut rontok.

Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan kondisi setelah melahirkan.Sedangkan rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.Gejala rambut rontok diawali dengan penipisan rambut. Penipisan ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Kerontokan rambut dapat terjadi hanya pada kulit kepala atau seluruh tubuh. Gejala ini bisa berlangsung sementara atau permanen.

Penanganan rambut rontok tergantung pada penyebabnya. Penyebab paling sering adalah keturunan, dan kondisi ini merupakan proses alami yang tidak membahayakan kesehatan.

Jika kerontokan rambut membuat khawatir, bicarakan dengan dokter kulit. Mereka dapat menentukan penyebabnya dan merekomendasikan perawatan yang tepat. Mereka juga dapat memberi tahu jika sampo tertentu dapat membantu."Sangat penting untuk memikirkan kebanyakan sampo seperti cuci mobil," William Yates, MD, FACS, ahli bedah dan ahli restorasi rambut di Chicago, Amerika Serikat.

Baca Juga: Minyak Kelapa Mengurangi Risiko Rambut Beruban dan Rambut Rontok

Baca Juga: Ketahui Gejala Awal Kanker Payudara, Penyebab dan Cara Mencegahnya

“Anda hanya merawat bagian luarnya, kulit kepala. Padahal akar penyebab kerontokan rambut terjadi di bawah kap, di bawah kulit kepala.Jadi, jika Anda menderita kerontokan rambut secara genetik, sampo bukanlah peluru ajaib.”

Pada saat yang sama, rambut rontok sering dikaitkan dengan kesehatan kulit kepala sehingga memastikan kulit kepala yang sehat akan sangat membantu.

Memilih Sampo Untuk Rambut Rontok Untuk rambut yang menipis, Amy Forman Taub, MD, FAAD, pendiri Advanced Dermatology di Chicago, AS merekomendasikan sampo dan kondisioner KeraFactor.