Find Us On Social Media :

Tips dan Trik Merawat Tumit Pecah-pecah, Kembali Mulus dalam Waktu Singkat

Rekomendasi tips dan trik untuk mengatasi tumit pecah-pecah

GridHEALTH.id - Ketika kulit di kaki menjadi sangat kering hingga pecah-pecah, berarti kita memiliki masalah kulit kering yang serius.

Tumit pecah-pecah membutuhkan kelembapan yang serius dengan cepat untuk mencegah rasa sakit, pendarahan, dan infeksi."Anda harus menjaga kelembapan kulit dengan baik," kata Alan K. Mauser, DPM, ahli penyakit kaki di Louisville, Kentucky di Amerika Serikat.

"Anda harus mengurangi jaringan kalus penebalan, baik secara manual atau kimiawi. Kadang-kadang Anda bisa memberi obat di sana yang mengurangi jaringan kalus, tetapi itu adalah pekerjaan rajin yang konstan untuk menjaga kulit Anda tetap lembap."Tumit pecah-pecah terjadi karena satu alasan utama , kulit tumit  terlalu kering untuk menahan tekanan besar pada tumit.

Jadi saat kaki mengembang, kulit kering dan kapalan di tumit  pecah begitu saja. Perawatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah mengembalikan kelembapan pada kaki, sebelum terlambat.

Masalah tumit pecah-pecah bukan hanya masalah estetika.  Tumit pecah-pecah dapat menimbulkan masalah kaki yang serius.

"Fisura atau retakan akan terinfeksi, dan Anda perlu mengobatinya dengan antibiotik topikal," kata Dr. Mauser.

Untuk mencegah infeksi, beberapa retakan yang dalam di tumit mungkin perlu ditangani oleh ahli penyakit kaki. "Terkadang, kita bisa menggunakan lem medis untuk menutup retakan."

Cara Menjaga Tumit Bebas Retak

-  Investasikan dalam krim kaki yang bagus. Carilah krim pelembab yang kaya dan berat atau bahkan minyak untuk dioleskan ke kaki yang kering.

Jika terasa berminyak, itu bagus untuk tumit kering dan pecah-pecah. Kita harus melakukan ini segera setelah  keluar dari bak mandi untuk penyerapan terbaik.

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Baca Juga: Orang Dengan Auto Imun Rentan Terpapar Covid-19, Butuh Asupan Vitamin D Setiap Hari