Find Us On Social Media :

Ciri-ciri Kanker Payudarara Metastasis, Penyebaran Sel Kanker yang Sulit Dikendalikan

Kanker payudara metastasis dapat berkembang akibat faktor-faktor tertentu.

GridHEALTH.id - Kanker payudara metastatik adalah ketika sel-sel kanker telah menyebar dari payudara ke bagian lain dari tubuh.

Ini diklasifikasikan sebagai kanker payudara stadium lanjut (stadium 4). Gejala kanker payudara metastatik tergantung pada area tubuh mana yang diserang sel.

Pengobatan untuk kanker payudara metastatik termasuk obat-obatan untuk memperlambat pertumbuhan dan memperbaiki gejala.Apa itu kanker payudara metastatik?Kanker payudara metastatik adalah stadium paling lanjut dari kanker payudara. Kanker payudara berkembang ketika sel-sel abnormal di payudara mulai membelah tak terkendali. Tumor adalah massa atau kumpulan sel-sel abnormal ini.Metastasis mengacu pada sel-sel kanker yang telah menyebar ke area tubuh yang baru. Pada kanker payudara metastatik, sel dapat menyebar ke tulang, otak, hati, dan paru-paru.

Dokter  memberi nama kanker berdasarkan asal utamanya. Itu berarti kanker payudara yang menyebar ke bagian tubuh lain masih dianggap kanker payudara.

Sel kanker tetaplah sel kanker payudara. Dokter akan menggunakan terapi kanker payudara, bahkan jika sel kanker berada di area lain.

Apa perbedaan antara kanker payudara metastatik dan kanker payudara stadium 4?Kedua istilah ini pada dasarnya memiliki arti yang sama. Kanker payudara yang diklasifikasikan sebagai stadium 4 telah menyebar ke luar payudara, atau bermetastasis, ke bagian tubuh lainnya.

Kanker payudara metastatik dapat terjadi pada titik yang berbeda:

- Kanker payudara metastatik de novo: Sekitar 6% wanita dan 9% pria menderita kanker payudara metastatik ketika mereka pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara.

Baca Juga: Plant Based-Diet Mengutamakan Makanan Nabati Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara, Studi

Baca Juga: 9 Penyakit Tersembunyi Dibalik Bibir Pecah-pecah, dari Jamur Hingga Alergi Obat

- Kekambuhan :Paling umum, kanker payudara metastatik didiagnosis setelah pengobatan kanker payudara asli.

Kekambuhan mengacu pada kanker yang kembali dan menyebar ke bagian tubuh yang berbeda, yang dapat terjadi bahkan bertahun-tahun setelah diagnosis dan pengobatan awal.Siapa yang berisiko terkena kanker payudara metastatik?Beberapa orang berisiko lebih tinggi terkena kanker metastatik setelah menyelesaikan pengobatan kanker.