Find Us On Social Media :

Healthy Move, Dua Latihan Terbaik Untuk Penyandang Multiple Sklerosis (MS)

Yoga, salah satu olahraga yang disarankan bagi penyandang multiple scloriosis (MS).

GridHEALTH.id - Meskipun menyandang multiple sklerosis (MS), pasien harus harus mengikuti rekomendasi latihan dari American Heart Association, yaitu 150 menit latihan kardio per minggu, 2 hari berturut-turut latihan kekuatan, dan setidaknya 10 menit peregangan dua kali seminggu.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa manfaat olahraga lebih besar daripada tantangan MS yang meliputi mati rasa, kelemahan otot, dan tantangan koordinasi.

Namun, perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan olahraga. Tidak jarang individu dengan MS mengalami penglihatan kabur, mati rasa, dan kesemutan di awal latihan.

Ini karena suhu tubuh inti meningkat selama aktivitas. Gejala biasanya akan hilang begitu suhu tubuh mendingin. Penting untuk membangun secara perlahan untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan agar tidak terlalu memaksakan diri.Sementara MS adalah penyakit kronis, itu mempengaruhi orang secara berbeda. Ada beberapa dengan gejala ringan dan sedikit atau tanpa kecacatan, sementara yang lain mengalami gejala yang terus memburuk dengan penurunan kecacatan dari waktu ke waktu.

Kabar baiknya olahraga dapat disesuaikan pada tingkat apa pun, karena modifikasi dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan individu seseorang.

Berikut dua olahraga yang disarankan untuk penyandang MS menurut Mayo Clinic:

1. Yoga

Yoga dapat membantu, karena berfokus pada keseimbangan, kekuatan, dan keselarasan tubuh.

Selain itu, manfaat relaksasi yoga dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan pengobatan termasuk menahan durasi pemeriksaan MRI dan harus menerima suntikan atau infus. Ini juga dapat membantu seseorang untuk tetap tenang ketika gejala MS diperburuk.Faktanya, yoga adalah pilihan pengobatan komplementer dan alternatif (CAM/complimentary and alternative medicine) yang populer untuk membantu pasien dengan MS mengurangi atau mengatasi gejala mereka, menurut ulasan tahun 2020 di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine.

Banyak penelitian yang melibatkan intervensi berbasis yoga telah melaporkan mengurangi rasa sakit, stres, dan kecemasan, serta meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan kemandirian secara keseluruhan.

Baca Juga: Healthy Move, Punya Multiple Sclerosis? Pilates Latihan yang Paling Disarankan

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Untuk Menghilangkan Lemak Menggelambir di Punggung