Find Us On Social Media :

Ketahui Komplikasi Berbahaya dari Hipertensi, Waspadai Sebelum Terjadi

Komplikasi hipertensi bisa membahayakan tubuh, di antaranya menimbulkan gangguan jantung dan stroke.

GridHEALTH.id – Berbagai literatur kesehatan dan pendapat ahli telah banyak menyebutkan, tekanan darah tinggi tidak baik untuk kesehatan.

Tapi tahukah mengapa? Sebab, ketika darah mendorong terlalu keras ke arteri, semua itu dapat menyebabkan berbagai masalah yang dapat merusak seluruh sistem peredaran darah.

Inilah yang disebut komplikasi tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi.  Coba simak mengapa menimbuklan dampak berbahaya dan patut diwaspadai sebelum terjadi;

Serangan jantung

Ketika darah bergerak melalui tubuh dengan terlalu banyak kekuatan, itu dapat membuat robekan kecil di pembuluh darah yang membentuk jaringan parut, yang dapat menangkap puing-puing seperti lemak dan kolesterol.

Partikel-partikel yang terperangkap itu membentuk kelompok yang disebut “plak” yang menghalangi aliran darah yang lancar.

Serangan jantung adalah hasil dari suplai darah yang tersumbat ke jaringan otot jantung, dan sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Stroke

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama terjadinya stroke, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak dan di dalam otak itu sendiri.

Jika gumpalan menyumbat pembuluh darah, atau jika salah satu pecah, itu adalah stroke.

Stroke dapat merusak karena jaringan otak tidak lagi menerima nutrisi penting dan oksigen ke daerah yang terkena, yang mulai mati.

Aneurisma