Find Us On Social Media :

Anak Demam? Jangan Lagi Buru-buru Minum Obat, Kenali Tanda Kegawatdaruratan pada Anak Sakit

Anak demam, jangan buru-buru minum obat paracetamol penurun demam, ketahui tanda kegawatdaruratan saat anak sakit.

GridHEALTH.id - Ramai tanggapan dari para orangtua yang mengetahui adanya himbauan dari Kementrian Kesehatan RI untuk menghindari dan berhati-hati sementara waktu dalam memberikan obat sirup pada anak.

Dimulai dari banyaknya temuan kasus gangguan ginjal akut pada anak khususnya balita, membuat Kemenkes bersama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Dinas Kesehatan melakukan penelusuran komperhensif untuk menemukan penyebab dari penyakit ini.

Sebagai langkah antisipasi dan kehati-hatian, Kemenkes pun bersama dengan badan terkait lainnya, mulai dari IDAI, BPOM, Dinkes, Farmakolog, Ahli Epidemiologi, dan Puslabfor Polri melakukan pemeriksaan laboratorium, serta meminta pelayan kesehatan untuk menghentikan peresepan sementara obat sirup pada anak juga kepada apoteker untuk lebih berhati-hati dalam merekomendasikan obat sirup anak.

Dengan adanya peristiwa ini, apakah sebenarnya dari orangtua sendiri sudah benar-benar memahami sakit demam pada anak dan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memberikan obat?

Menjawab hal ini, seorang dokter spesialis anak konsultan, dr. Endah Citraresmi, SpA(K) dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP) menjelaskannya secara langsung dalam wawancara bersama tim GridHEALTH.id pada Rabu (19/10/2022).

Anak Demam dan Aturan Penggunaan Obat Demam

Demam adalah cara tubuh melawan kuman berupa infeksi, baik virus, bakteri, atau parasit, sebagai salah satu penyebab paling umum anak demam.

Pada saat seseorang demam, tubuh akan dengan sengaja menaikkan suhu pada pengatur suhu tubuh yang pusatnya di hipotalamus, sebagai rangkaian pertahanan tubuh dalam melawan penyakit.

"Jadi sebetulnya demam ini mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan infeksi tadi, dengan meningkatkan suhu tubuh maka tubuh akan berusaha menghambat perkembangbiakkan kuman, jadi sebenarnya demam ini mekanisme tubuh yang baik, membantu tubuh mengatasi infeksi," ujar dr. Endah.

Dijelaskan oleh dr. Endah bahwa dari demam ini, seringkali menimbulkan ketidaknyamanan berupa sakit kepala, badan pegal-pegal, ngilu, tidak bisa tidur, termasuk anak yang memiliki demam terlalu tinggi atau tidak kunjung turun, maka biasanya akan diberikan obat penurun demam dengan kandungan aktifnya paracetamol, yang tujuannya untuk menyamankan anak pada saat demam sehingga bisa beristirahat.

Cara kerja dari obat penurun demam, paracetamol ini adalah saat masuk ke dalam tubuh maka akan masuk ke usus dan lambung, lalu diserap masuk ke pembuluh darah dan kemudian masuk ke hati untuk dimetabolisme, kemudian baru dikirimkan ke hipotalamus.

Baca Juga: Ditemukan Obat Sirup Berbahaya di Rumah Pasien Balita Penderita Gangguan Ginjal Akut, Mengandung EG, DEG, EGBE