Find Us On Social Media :

10 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Pemulihan Penyakit Ginjal

Blueberry, makanan aman untuk penyandang gangguan ginjal.

GridHEALTH.id - Mengatur pola makan sangat penting bagi pasien penyakit ginjal. Apa yang kita makan dapat menyebabkan, mencegah, atau bahkan membantu meringankan rasa sakit dan gejala.

Ahli gizi dapat membantu menentukan diet yang spesifik untuk setiap pasien, tetapi ada beberapa makanan yang dikemas dengan nutrisi, rendah kalium, dan rasanya enak.

Jadi, jika ingin menolong diri sendiri atau seseorang yang kita cintai yang sedang berjuang melawan penyakit ginjal, masaklah makanan yang lezat untuk mereka, atau dengarkan ketika mereka perlu berbicara.

Berikut 10 jenis makanan yang bisa membantu pemulihan penyakit ginjal;

1. Kubis

Dengan fitokimia yang melimpah, sayuran silangan ini mengenyangkan dan bergizi. Baik dalam sup, salad, atau bahkan hanya dengan garam dan merica. 2. Paprika MerahJuga rendah kalium tetapi tinggi rasa. Memasukkan paprika merah dalam resep masakan dapat menambah rasa dan nutrisi. 3. Kembang kolTinggi vitamin C, folat dan serat, kembang kol membantu tubuh melawan racun. Mentah, dikukus, atau dalam sup, makanan super ini rasanya enak. Kukus dan tumbuk untuk alternatif ramah ginjal untuk kentang tumbuk.4. BlueberryRendah potasium dan tinggi antioksidan, buah manis ini bekerja sebagai makanan anti-inflamasi yang kebetulan rasanya menyenangkan.

Baca Juga: Hati-hati, Penyakit Infeksi Usus Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Baca Juga: Healthy Move, Cara Menggunakan Blok Untuk Meningkatkan Latihan Yoga

5. Putih telurSebagai sumber protein rendah kalium, putih telur adalah pilihan sempurna bagi pasien ginjal yang mencari cara untuk tetap mendapatkan telur dadar atau telur setan sesekali.6. Bawang putihKetika diet kita dibatasi karena alasan kesehatan, rempah-rempah adalah salah satu teman terbaik kita.

Bawang putih adalah tambahan yang lezat dan bergizi untuk menu kita, dengan sifat anti-inflamasi serta kemampuan untuk menurunkan kolesterol. 7. IkanTinggi asam lemak Omega-3, ikan adalah sumber protein yang sangat baik yang juga meningkatkan kesehatan jantung .8. Anggur merahPigmentasi merah pada anggur berasal dari zat yang disebut flavonoid. Flavonoid ini membantu mengurangi risiko pembekuan darah. Anggur dapat dibekukan dan dimakan sebagai tindakan pelepas dahaga bagi pasien dengan diet terbatas cairan. 9. Minyak zaitunSecara alami kaya akan asam oleat dan polifenol, keduanya anti-inflamasi, minyak zaitun extra virgin telah lama dianggap sebagai makanan sehat.10. Stroberi

Baca Juga: Trimester Pertama, Ini Dia Dua Cara Tes Untuk Memastikan Kehamilan

Baca Juga: Penyandang Alergi Perlu Tahu Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19