Find Us On Social Media :

Healthy Move, Bangun Pagi Waktunya Latihan Tulang Belakang Untuk Aktivitas Seharian

Latihan tulang belakang di tempat tidur setiap pagi untuk mempersiapkan tubuh.

GridHEALTH.id - Saat bangun pagi, jangan buru-buru beranjak dari tempat tidur. Sediakan waktu yang tak lama, yaitu sama lamanya dengan kita menyeduh kopi, untuk memperkuat tulang belakang, yang akan membantu kita beraktivitas seharian.

"Mengajarkan tubuh dan sistem saraf Anda cara bergerak dengan benar adalah hal pertama yang akan menyiapkan tubuh untuk lentur bergerak sepanjang hari," kata terapis fisik Jacob VanDenMeerendonk, DPT, dikutip dari Well and Good (30/10/2022).

Secara khusus, ia merekomendasikan untuk fokus pada gerakan yang memobilisasi tulang belakang dada (bagian yang menempel pada tulang rusuk kita yang melindungi jantung dan paru-paru).

"Fungsi utamanya adalah untuk memutar ke kiri dan ke kanan. Namun dengan gaya hidup berorientasi ke depan saat ini (komputer, meja kerja, telepon seluler), kami melihat pengurangan rotasi ini."Dan sayangnya, kata VanDenMeerendonk, ketika tubuh kita kehilangan mobilitas di satu area, kita cenderung mengimbanginya dengan terlalu banyak mobilitas di bagian tubuh lain.

Dalam hal ini, itu bisa berarti leher, bahu, atau punggung bawah, padahal area itu tidak pernah dimaksudkan untuk menerima tekanan semacam itu.

Berita baiknya, kita dapat mengembalikan mobilitas ke tulang belakang bagian atas hanya dalam beberapa menit sehari.

Dr. VanDenMeerendonk membagikan lima gerakan lembut yang dapat kita lakukan segera setelah bangun tidur. Dan tidak memerlukan peralatan apapun selain kursi.

1. Seated thoracic reach-ups

Duduk di tepi kursi atau pinggiran tempat tidur, lutut sedikit lebih lebar dari pinggul. Pegang lutut kiri dengan tangan kanan, lalu angkat tangan kiri lurus ke atas ke langit-langit, lihat ujung jari . Transisi bolak-balik antara sisi, untuk masing-masing 10 repetisi.2. Seated thoracic reach-backs

Duduk di kursi atau duduk bersila di lantai. Pegang lutut kiri dengan tangan kanan.     Memimpin dengan siku kiri, rentangkan lengan itu ke belakan, putar punggung  dan lihat ke arah ujung jari. Ulangi 10 kali di sisi itu, lalu alihkan ke sisi yang lain.

Baca Juga: Healthy Move, Rajin Melakukan Peregangan Memperlambat Penurunan Kognitif

Baca Juga: 8 Titik Pijat Akupresur Untuk Mengusir Hidung Tersumbat Akibat Sinus