Find Us On Social Media :

Mengatasi Biduran Pada Ibu Hamil, Awas Jangan Asal Kasih Obat!

Pemberian obat biduran pada ibu hamil harus sepengetahuan dokternya.

GridHEALTH.id - Biduran atau urtikaria, disebut juga hives, dapat terjadi pada kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja.

Maka, biduran dapat terjadi pula pada wanita hamil. Bahkan jika kita tidak pernah memiliki kondisi kulit ini sebelumnya dalam hidup kita.

Biduran tampak merah pucat, timbul benjolan di kulit dan merupakan reaksi alergi terhadap makanan, gigitan serangga, obat-obatan, bahan kimia, dll.

Dengan peningkatan hormon dan perubahan yang terjadi di tubuh selama kehamilan, mungkin ada kepekaan terhadap patogen. Biasanya,

wanita hamil mengalami gatal-gatal setelah kulit menjadi sangat kering dan meregang saat janin tumbuh.

Namun, mungkin ada alasan lain juga untuk mengembangkan gatal-gatal selama kehamilan. Karena itu, ibu hamil harus berkonsultasi dengan praktisi medis saat melihat benjolan merah pucat di tubuh.

Apakah Biduran Berbahaya Saat Hamil?

Untungnya, tidak semua kasus biduran merupakan ancaman serius bagi calon ibu atau calon bayinya. Namun demikian, beberapa kasus dapat berakhir dengan komplikasi serius.

Oleh karena itu, ibu hamil harus memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan komplikasi segera setelah melihat gejala apa pun, terutama di sekitar alat kelamin Anda (termasuk ruam).

Wanita hamil juga dapat mengalami gatal-gatal sebagai reaksi alergi, yang juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti anafilaksis.

Gejala gatal-gatal lainnya mungkin termasuk sesak di tenggorokan, kesulitan menelan, mengi, sesak napas yang ekstrim, pusing, dll.

Penyebab Biduran Saat Hamil

Baca Juga: Cara Mengatasi Ruam dan Bengkak Karena Biduran dengan Bahan Alami

Baca Juga: Jangan Lakukan yang Salah, Berikut Tips Gaya Hidup Penderita Asam Urat Agar Tetap Sehat