Find Us On Social Media :

Cara Alami Atasi Asam Urat Tinggi, Bukan Cuma dari Makanan dan Minuman!

Menjaga berat badan pada level normal termasuk cara alami mengatasi asam urat.

GridHEALTH.id - Asam urat adalah sejenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak biasa.

Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan yang parah dan menyakitkan.Beberapa orang memerlukan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko kondisi tersebut dan bahkan dapat mencegah kekambuhan.Namun, risiko asam urat bergantung pada beberapa faktor, bukan hanya gaya hidup. Faktor risiko termasuk mengalami obesitas, berjenis kelamin laki-laki, dan memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Penderita asam urat disarankan untuk sangat membatasi makanan dan minuman yang mengandung purin agar asam uratnya tidak kambuh.

Purin adalah senyawa yang terjadi secara alami pada beberapa makanan. Saat tubuh memecah purin, itu menghasilkan asam urat. Proses metabolisme makanan kaya purin menyebabkan produksi asam urat terlalu banyak, yang dapat menyebabkan asam urat.

Cara Mengatasi Asam Urat Tinggi

Beberapa makanan dan minuman  mengandung purin dalam jumlah tinggi, yang berarti dapat memicu munculnya asam urat.

Tetapi cara mengatasi asam urat tinggi ternyata bukan cuma dari membatasi makanan dan minuman yang mengandung purin. Kita juga dapat mengurangi asam urat dengan melakukan hal-hal berikut;

1. Menghindari obat yang meningkatkan kadar asam urat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Ini termasuk obat diuretik, seperti furosemid (Lasix) dan hidroklorotiazid.

Juga obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ.

Aspirin, meski dalam dosis rendah dapat memicu munculnya asam urat.

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Baca Juga: Ketahui Penyebab Utama Biduran Pada Anak, Ternyata Akibat Hal Ini

Obat yang meningkatkan kadar asam urat mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang penting, tetapi kita harus berbicara dengan dokter sebelum menghentikan atau mengganti obat apa pun.