Find Us On Social Media :

Ketahui Penyebab Umum Darah Rendah dan Cara Mengobatinya Sebelum Parah

Tekanan darah rendah ada berbagai penyebab dan perlu diobati.

GridHEALTH.id - Penyakit darah rendah, atau disebut juga sebagai hipotensi adalah kondisi saat tekanan darah jauh lebih rendah dari yang diharapkan.

Darah rendah dapat terjadi baik sebagai suatu kondisi sendiri maupun sebagai gejala dari penyakit lain. Seseorang dikatakan mengalami hipotensi saat tekanan darah di bawah 90/60 mmHg.

Tekanan darah rendah umumnya dianggap pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 milimeter air raksa (mm Hg) untuk angka atas (sistolik) atau 60 mm Hg untuk angka bawah (diastolik).

 Tekanan darah rendah mungkin tidak menimbulkan gejala yang nyata, atau mungkin menyebabkan pusing dan pingsan. Tetapi, tekanan darah rendah bisa mengancam jiwa.Penyebab tekanan darah rendah berkisar dari dehidrasi hingga kondisi medis yang serius. Sangat penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan tekanan darah rendah sehingga dapat diobati.

Gejala tekanan darah rendah (hipotensi) mungkin termasuk penglihatan kabur atau memudar, pusing, kelelahan, pingsan, sulit berkonsentrasi dan mual.

Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, terutama bila turun tiba-tiba atau muncul dengan gejala.Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bisa berbahaya. Perubahan hanya 20 mm Hg, penurunan dari 110 mm Hg sistolik ke 90 mm Hg sistolik, misalnya, dapat menyebabkan pusing dan pingsan.

Bisa juga disebabkan oleh pendarahan yang tidak terkendali, infeksi parah atau reaksi alergi, dapat mengancam jiwa.Gejala darah rendah dapat membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah. Namun jangan khawatir, sebab ada cara mengatasi darah rendah dengan cepat yang bisa kita lakukan dengan mudah di rumah.

1. Minum air putihMencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah munculnya gejala darah rendah. Saat mengalami dehidrasi atau tubuh mengalami kekuran cairan, tekanan darah akan menurun yang berujung pada kondisi hipotensi ringan.

Baca Juga: 9 Penyebab Sering Tiba-tiba Pingsan Akibat Tekanan Darah Rendah

Baca Juga: Ternyata Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Mata dan Kaki, Simak di Sini!

Oleh karena itu, pastikan selalu minum cukup air putih untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah dengan cepat sekaligus untuk menjaga Kesehatan tubuh secara umum.

2. Mengonsumsi makanan bergiziMenurunnya tekanan darah bisa saja terjadi ketika nutrisi dalam tubuh tak seimbang. Jika tubuh kekurangan nutrisi seimbang, seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi, maka akan berisiko terserang anemia.Ketika tubuh tidak memproduksi darah yang cukup,kita pun berisiko terserang hipotensi. Bila kondisi ini menyebabkan tekanan darah rendah yang dialami, kita dapat mengatasinya dengan menerapkan pola dan pilihan makan yang mengandung gizi seimbang, atau suplemen sesuai dengan anjuran dokter.