Find Us On Social Media :

Coba Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sayur dan buah, makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol jahat.

GridHEALTH.id - Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah  yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Itu juga ditemukan di beberapa makanan seperti telur, jeroan (seperti ginjal dan hati) dan kerang. Tubuh membutuhkan kolesterol agar berfungsi dengan baik.Bilamemiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah (disebut juga hiperlipidemia), hal itu mempercepat proses aterosklerosis.

Ini adalah saat plak menumpuk di dinding arteri, membuatnya lebih sempit. Ini membuat darah sulit mengalir melalui mereka, dan seiring waktu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala apapun. Kita memerlukan tes darah untuk mengetahui apakah kita memilikinya. Tes darah akan memberi tahu kadar kolesterol 'baik' dan 'jahat' dalam darah kita.

Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh oleh 'pembawa' yang berbeda (juga disebut lipoprotein). Dua yang paling umum adalah:

- Kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL): kolesterol 'jahat'. Kolesterol LDL 'jahat' karena jika kita  memiliki terlalu banyak kolesterol akan menempel di dinding arteri.

- Kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL): kolesterol 'baik'. Kolesterol HDL adalah 'baik' karena menghilangkan kolesterol 'jahat' dari pembuluh darah.Trigliserida adalah bentuk lemak paling umum dalam tubuh dan menyimpan serta mengangkut lemak dalam darah. Setiap energi ekstra dari makanan yang tidak dibutuhkan tubuh diubah menjadi trigliserida.Kolesterol darah total yang tinggi adalah ukuran dari semua kolesterol dan trigliserida dalam darah Anda dan merupakan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit jantung1.Bisakah diet saya membantu kolesterol saya?Makan makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Coba konsumsi 4 jenis makanan ini bisa turunkan kadar kolesterol jahat:

1. Oat dan jelaiMakan makanan gandum mengurangi risiko penyakit jantung. Oat dan jelai sangat istimewa karena mengandung jenis serat larut tinggi yang disebut 'beta glucan'. Beta glucan membantu menurunkan kolesterol LDL 'jahat' dalam darah.

Baca Juga: Ternyata Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Mata dan Kaki, Simak di Sini!

Baca Juga: Apakah Kaki Kotor Bisa Cepat Menyebabkan Kapalan? Cari Tahu Disini!

Pilih produk yang mengandung 100% gandum (seperti gandum gulung) karena paling mirip dengan yang ditemukan di alam.2. Sayur dan buahMengonsumsi berbagai sayuran dan buah berwarna setiap hari dapat membantu melindungi kita dari penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker,.

Banyak sayuran dan buah mengandung serat larut tinggi yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kolesterol LDL 'jahat' dalam darah.Tip: Biarkan kulit pada sayuran seperti labu, kūmara, dan wortel untuk memaksimalkan asupan serat.  Gunakan kulit jeruk dan lemon dalam dressing dan saus.3. Makanan kaya lemak sehat jantungMengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak mono dan poli-tak jenuh yang menyehatkan jantung meningkatkan kadar kolesterol HDL 'baik' dalam darah.

Makanan ini mengandung lemak yang menyehatkan jantung, yaitu alpukat, ikan berminyak seperti makarel, sarden, dan salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, zaitun, dan minyak sayur.