Find Us On Social Media :

Berapa Lama Waktu Kolesterol Bisa Normal Kembali? Simak Penjelasannya!

Olahraga rutin, salah satu cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

GridHEALTH.id - Mempertahankan kadar kolesterol yang sehat membantu mencegah penyakit jantung. Seseorang dengan kolesterol LDL tinggi dapat menggunakan kombinasi perubahan pola makan dan kebiasaan untuk menurunkan kolesterol LDL mereka ke tingkat yang sehat dari waktu ke waktu.Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi secara normal. Namun, terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) – meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.Orang yang khawatir dengan kolesterolnya mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan kolesterol dalam 30 hari. Namun, pengurangan kolesterol membutuhkan waktu, dan sebagian besar penelitian mengamati perubahan kolesterol selama berbulan-bulan.Orang yang berharap untuk menurunkan kolesterol secara alami dapat terus menurunkan kolesterol mereka dengan sejumlah perubahan gaya hidup sehat.Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol?Kolesterol turun seiring waktu, tidak tiba-tiba, setelah beberapa hari hidup lebih sehat. Tidak ada jangka waktu pasti di mana kolesterol dijamin turun.Obat penurun kolesterol biasanya menghasilkan perubahan LDL dalam waktu 6 sampai 8 minggu. Perubahan gaya hidup dapat mengubah kadar kolesterol dalam beberapa minggu. Namun, mungkin butuh waktu lebih lama, biasanya sekitar 3 bulan, terkadang lebih.Beberapa dokter merekomendasikan menambahkan obat penurun kolesterol jika seseorang belum menurunkan kolesterol LDL setelah sekitar 12 minggu perubahan gaya hidup.

Berapakah kadar kolesterol normal?Bagi kebanyakan orang, kadar kolesterol yang sehat adalah sebagai berikut:

- Kolesterol total: kurang dari 200 miligram per desiliter

- Kolesterol "jahat" LDL: kurang dari 100 mg/dL

Baca Juga: Ini Dia 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Baca Juga: Inilah Penyebab Kapalan di Jari Tangan dan Cara Menghilangkannya

- HDL kolesterol "baik": lebih tinggi dari 60 mg/dL

- Trigliserida: kurang dari 150 mg/dLMenurut sebuah artikel di The Journal of Circulation, American College of Cardiology dan American Heart Association (AHA) merekomendasikan penggunaan statin untuk menurunkan kolesterol pada orang dengan kolesterol lebih tinggi di luar level tersebut.Namun, mereka juga merekomendasikan dokter mempertimbangkan kadar kolesterol seseorang dan risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan sebelum meresepkan obat penurun kolesterol.AHA merekomendasikan agar orang dengan penyakit kardiovaskular aterosklerotik mendapatkan terapi statin intensitas tinggi, terapi statin yang dapat ditoleransi secara maksimal untuk menurunkan LDL setidaknya 50%.AHA juga merekomendasikan terapi statin intensitas tinggi untuk individu dengan hiperkolesterolemia primer berat (LDL lebih besar dari OR sama dengan 190 mg/dL).Cara terbaik untuk menurunkan kolesterolAda sejumlah perubahan kebiasaan yang dapat dimasukkan seseorang ke dalam rutinitas hariannya untuk menurunkan kadar LDL secara bertahap dan konsisten dari waktu ke waktu.

1. Makan diet seimbangBanyak makanan berbeda yang mengandung kolesterol, dan beberapa makanan seperti telur mengandung kolesterol tinggi.Namun, sejumlah penelitian menemukan bahwa kolesterol yang didapat seseorang dari makanan tidak meningkatkan kolesterol darah secara substansial.Sebaliknya, yang penting adalah makan makanan seimbang dengan berbagai nutrisi.

2. Menjadi lebih aktif

Baca Juga: Jari Kaku dan Tanda-tanda Tak Biasa Lainnya dari Diabetes Tipe 2.

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih dan Madu, Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan