Find Us On Social Media :

Crohn's Disease, Penyakit Usus yang Serius, Bisa Menyebabkan Penurunan Berat Badan Secara Drastis, Simak Faktanya!

Berat badan turun secara drastis jadi kekhawatiran penderita penyakit Crohn.

GridHEALTH.id - Penderita penyakit Crohn sering mengalami penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Ini adalah gejala umum yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.Bagi sebagian orang dengan penyakit Crohn, efek samping pengobatan atau gejala penyakit radang usus (IBD), seperti mual dan sakit perut, dapat memicu hilangnya nafsu makan, yang lain menurunkan berat badan karena menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.Orang dengan penyakit Crohn juga dapat mengalami kesulitan mencerna makanan dan menyerap nutrisinya. Hal ini dapat menyebabkan malabsorpsi, kemungkinan penyebab lain penurunan berat badan, kata Shawn Khodadadian, MD, ahli gastroenterologi, direktur nutrisi klinis di Rumah Sakit Lenox Hill, dan instruktur kedokteran klinis di NYU Langone Medical Center di New York City.Misalnya, jika seseorang mengalami peradangan di usus kecil, tubuhnya juga bisa kesulitan mencerna makanan dan menyerap nutrisi, menurut Crohn's and Colitis Foundation. Peradangan pada usus besar dapat memicu masalah penyerapan air dan elektrolit.Mengapa Penurunan Berat Badan Dengan Penyakit Crohn Menjadi Kekhawatiran?Jika menderita penyakit Crohn dan berat badan turun dengan cepat, tubuh berisiko tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik, kata Dr. Khodadadian.

Baca Juga: Stres Bisa Menjadi Penyebab Crohn's Disease, Ketahui Cara Cepat Penanganannya

Baca Juga: Mitos atau Fakta Penderita Kolesterol Dilarang Makan Durian? Simak Disini!

Penting untuk makan cukup kalori dan nutrisi seperti protein untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan menyembuhkan selama masa stres, menurut Crohn's and Colitis Foundation.

Jika mengalami penurunan berat badan, organisasi tersebut menyarankan untuk menambahkan 250 hingga 500 kalori per hari ke dalam diet dan konsultasikan dengan dokter .Beberapa komplikasi malnutrisi, katanya, termasuk penurunan kesehatan tulang (dan peningkatan risiko patah tulang), sistem kekebalan yang lemah, penyembuhan luka yang buruk, dan tingkat infeksi yang lebih tinggi. Bila parah, penurunan berat badan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kembali ke Berat Badan Sehat Dengan Penyakit CrohnPenting untuk bekerja sama dengan dokter untuk kembali ke berat badan yang sehat. Karena dokter harus secara rutin memantau penyakit Crohn kita dan, jika perlu, meresepkan obat yang berbeda.

Selain itu, mengobati penyakit Crohn, mengurangi aktivitas penyakit dan meredakan peradangan , dapat membantu tubuh kita pulih dan membuat kita berada di jalur untuk mendapatkan kembali berat badan, kata Khodadadian. (*)

Baca Juga: Penyebab Kapalan di Jari Tangan dan Cara Ampuh Atasi dengan Bahan Alami

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah Pada Ibu Hamil Secara Aman dan Ampuh