Find Us On Social Media :

Sama-sama Menyerang Usus, Ternyata Ada Perbedaan Antara Penyakit Kolitis Ulseratif dengan Crohn's Disease

Gejalanya sering sama, ternyata ada perbedaan antara penyakit kolitis ulseratif dengan Crohn's disease.

GridHEALTH.id - Jika kita hidup dengan masalah gastrointestinal kronis,  kita mungkin menderita penyakit Crohn (CD/Crohn’s disease) atau kolitis ulseratif (UC/ulcerative colitis), dua penyakit radang usus (IBD/inflammatory bowel diseases) yang bersama-sama memengaruhi jutaan orang di dunia.

Baik Crohn dan kolitis ulseratif adalah kondisi peradangan yang melibatkan sistem pencernaan. Sementara UC menyebabkan peradangan hanya pada lapisan usus besar (usus besar), penyakit Crohn biasanya menyerang usus kecil dan usus besar, dan dapat terjadi di mana saja dari mulut hingga lubang anus.

Kedua penyakit tersebut sering disertai dengan diare, sakit perut, dan pendarahan dubur, serta dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah pada anak-anak. Baik UC dan Crohn juga cenderung berkembang pada remaja dan dewasa muda, dan mempengaruhi pria dan wanita secara setara, menurut UCLA Center for Inflammatory Bowel Disease.

Terlepas dari kesamaan ini, ada beberapa perbedaan utama yang memungkinkan dokter membedakan kedua penyakit tersebut.

Tiga Perbedaan Utama Penyakit Crohn dengan Kolitis Ulseratif

1. Gejala

Gejala kolitis ulseratif adalah darah di tinja dengan lendir, sering diare, kehilangan nafsu makan, dan tenesmus, atau keinginan kuat untuk menggunakan kamar mandi tanpa harus buang air besar. Crohn dapat muncul dengan cara yang sama, tetapi juga dapat ditandai dengan mual, penurunan berat badan, dan kembung, dengan perdarahan dubur dan diare yang minimal, jika ada. Kedua penyakit tersebut juga dapat menyebabkan peradangan pada mata, persendian, dan kulit. Meskipun biasanya jelas bagi ahli gastroenterologi jika seseorang menderita penyakit Crohn atau kolitis ulseratif, ada beberapa kasus di mana tidak sepenuhnya jelas mana yang menyebabkan peradangan. Ini disebut kolitis tak tentu dan dapat memengaruhi sekitar 10%  orang dengan IBD, menurut UCLA.

2. Dimana Peradangan Terjadi

Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh peradangan pada saluran GI, namun di mana peradangan terjadi dapat mengarahkan dokter ke diagnosis yang benar.

Baca Juga: Crohn's Disease, Penyakit Usus yang Serius, Bisa Menyebabkan Penurunan Berat Badan Secara Drastis, Simak Faktanya!

Baca Juga: 10 Cara Menaikkan Tensi Darah Rendah, Mulai Cara Alami Hingga Sesuai Anjuran Dokter

“Perbedaan yang paling mendasar adalah bahwa penyakit Crohn dapat melibatkan seluruh saluran GI, dari mulut sampai ke anus, sedangkan kolitis ulseratifterbatas pada usus besar,” kata Louis Cohen, MD, asisten profesor gastroenterologi di Icahn. Fakultas Kedokteran di Gunung Sinai di New York City, Amerika Serikat. Menurut UCLA Center for Inflammatory Bowel Disease, penyakit Crohn biasanya menyebabkan peregangan usus yang sehat di antara area yang meradang. Orang yang menderita kolitis mengalami peradangan terus menerus yang dimulai dari bagian bawah usus besar mereka.

3. Tes Diagnostik

Dokter dapat memeriksa sampel tinja untuk melihat tanda-tanda lendir atau darah, yang dapat mengindikasikan UC. Sampel feses juga dapat membantu dokter menyingkirkan masalah lain, seperti patogen atau bakteri. Standar terbaik untuk mendiagnosis IBD adalah kolonoskopi, di mana kamera kecil yang terpasang pada tabung tipis dimasukkan ke dalam usus besar, memungkinkan dokter untuk melihat seluruh usus besar dan melakukan biopsi.

Jika dokter melihat bahwa peradangan dimulai di rektum dan bergerak terus menerus ke atas usus besar dan kemudian berhenti, ini bisa menjadi tanda kolitis ulseratif.

Baca Juga: Sering Pusing Sampai Mau Pingsan? Atasi Darah Rendah dengan Konsumsi 5 Pilihah Jus Untuk Darah Rendah