Find Us On Social Media :

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi Pada Remaja

Malas gerak, penyebab kolesterol tinggi pada remaja.

GridHEALTH.id - Kolesterol tinggi cenderung dikaitkan dengan orang dewasa dan lansia. Tetapi pada kenyataannya, sekarang ini orang yang lebih muda, bahkan remaj juga bisa mengalami kolesterol tinggi. Dimana angka HDL, LDL, dan kolesterol total di luar kisaran sehat.

Mengapa Remaja Memiliki Kolesterol Tinggi?

Meskipun kurang umum, sangat mungkin bagi remaja untuk mengalami hiperlipidemia (juga disebut hiperkolesterolemia). Bahkan anak kecil terkadang dapat mengalami masalah ini.Jika memiliki kolesterol tinggi sebagai orang yang lebih muda, penting untuk bersikap proaktif dalam mengelola kondisi. Karena lipid darah tinggi pada usia berapa pun meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.Dan, menurut sebuah studi tahun 2020, semakin muda kjta memiliki kolesterol tinggi, semakin besar risiko penyakit kardiovaskular sepanjang hidup kita.Para peneliti dalam studi ini menemukan bahwa kerusakan arteri akibat kolesterol LDL (jahat) yang meningkat tampaknya bersifat kumulatif,  menjadikannya semakin penting untuk tetap berada di atas pengobatan di awal kehidupan.

Hiperlipidemia umumnya tidak memiliki gejala apa pun, jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kita mengidapnya adalah dengan melakukan tes.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan orang berusia 20 tahun ke atas yang berisiko rendah terkena penyakit kardiovaskular untuk diuji setiap 5 tahun.

Bahkan usia untuk tes pertama bisa lebih muda bila ada faktor risiko (seperti obesitas atau riwayat serangan jantung dalam keluarga), dan disarankan untuk memeriksakan kolesterol mereka lebih sering.

Kadar Kolesterol Sehat Untuk Remaja

Orang di bawah usia 20 HDL adalah 45 mg/dL atau lebih tinggi

LDL: kurang dari 110 mg/dL

Baca Juga: Nyeri Leher Bagian Belakang Bisa Jadi Tadi Tanda Kolesterol Tinggi?

Baca Juga: Kaleidoskop Penyakit 2022, Hepatitis Akut Misterius Telan Korban Anak Indonesia Sebelum Lebaran 2022

Kolesterol total: kurang dari 170 mg/dL LDL: 110–129 mg/dL

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Remaja

Kadang-kadang, memiliki kolesterol tinggi sebagai orang yang lebih muda bisa diakibatkan oleh genetik.

Familial hypercholesterolemia (FH) adalah kondisi bawaan yang menyebabkan tubuh mendaur ulang kolesterol LDL secara tidak normal.Menurut American Heart Association, 1 dari sekitar 200 orang dewasa mengalami mutasi genetik ini (walaupun hanya sekitar 10% yang menyadarinya). Jika tidak diobati, FH biasanya berkembang menjadi penyakit jantung koroner.Untuk beberapa remaja, faktor kesehatan dan gaya hidup lainnya memainkan peran utama dalam menyebabkan kolesterol tinggi, seperti: