Find Us On Social Media :

Waspadai Komplikasi Hipertensi Dapat Menyerang 4 Organ Tubuh Ini

Inilah beragam komplikasi hipertensi yang menyerang setidaknya 4 organ tubuh, dipicu dari tekanan darah tinggi yang diabaikan.

GridHEALTH.id – Mengalami pusing yang berulang jangan dibiarkan begitu saja, terlebih jika disertai dengan gejala lainnya, bisa jadi menjadi tanda dari hipertensi.

Hipertensi merupakan kondisi medis saat seseorang memiliki tekanan darah di atas normal dalam jangka waktu lama.

Sebagai penyakit tidak menular yang dapat dikendalikan, penyakit ini ternyata masih menjadi penyebab dari banyaknya penyakit berat lainnya yang berakibat pada kematian.

Oleh karenanya, sebelum terlambat, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu komplikasi hipertensi agar tidak terlambat ditangani.

Gejala Penyakit Hipertensi

Terkenal sebagai silent killer, penyakit ini memang seringkali sulit untuk dikenali gejala pastinya, namun ada beberapa gejala dan tanda yang dapat menjadi bentuk kewaspadaan seseorang, seperti sakit kepala, perubahan pada penglihatan, mual dan muntah, nyeri dada, kelelahan, dan lainnya.

Penyebab dan Faktor Risiko Hipertensi

Hipertensi termasuk dalam penyakit tidak menular yang dapat dikendalikan dengan berbagai cara, termasuk menghindari penyebab dan faktor risikonya.

Penyebabnya adalah kenaikan tekanan darah di atas batas normal dalam tubuh, yang terjadi terus menerus. Berisiko menyebabkan terjadinya hambatan penyampaian nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Sedangkan penyebab kondisi ini terjadi seringkali karena ada pemicu dari faktor risiko hipertensi, seperti:

- Merokok

- Konsumsi alkohol berlebih

- Obesitas

Baca Juga: Yoga Pagi Setiap Hari Bisa Membantu Mengendalikan Hipertensi

- Kurang gerak