Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Seperti Indra Bekti, Ini Solusi Agar Klaim Asuransi Tidak Ditolak Baik BPJS atau Swasta

Belajar dari Indra Bekti, ini solusi agar klaim asuransi tidak ditolak.

GridHEALTH.id – Banyak orang yang menggunakan asuransi kesehatan sebagai jaminan bila suatu saat menghadapi penyakit, namun tidak jarang banyak dari pengguna asuransi yang mengeluhkan bahwa klaim asuransi miliknya ditolak.

Terbaru, pengalaman dari artis Indra Bekti yang mengalami penolakan klaim asuransi untuk penyakit yang tengah dideritanya. Mengapa hal ini dapat terjadi? Apa yang harus dilakukan saat klaim asuransi ditolak? Berikut ini ulasannya!

Bicara mengenai asuransi, ada banyak jenis dan peruntukkannya. Dalam asuransi kesehatan sendiri ada banyak jenisnya, yang paling umum dibagi dalam asuransi swasta dan asuransi yang berasal dari pemerintah, BPJS Kesehatan.

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Melansir dari laman Kompas.com (06/01/2023), ada beberapa penyebab klaim asuransi ditolak, antara lain:

1. Cakupan klaim

Kenali cakupan klaim asuransi sesuai dengan ketentuan polis, contohnya membeli produk asuransi untuk cakupan di Indonesia, namun saat sakit dirawat di luar negeri.

Baca Juga: Perbedaan Syarat Klaim BPJS dan Asuransi Swasta, Supaya Tidak Seperti Indra Bekti

2. Klaim rawat inap dan rawat jalan

Klaim asuransi juga bisa ditolak jika di luar ketentuan polis lainnya, seperti klaim ditolak ketika tidak ada ketentuan dalam polis jika rawat jalan termasuk dalam asuransi.

3. Kondisi lapse

Klaim asuransi berpotensi untuk ditolak selanjutnya karena kondisi polis dalam kondisi lapse, tidak ada pertanggungan.

4. Kelengkapan dokumen

Saat peserta asuransi hendak melakukan klaim asuransi, maka diperlukan kelengkapan dokumen, jika tidak maka klai asuransi berisiko ditolak.

5. Asuransi kesehatan untuk estetika

Asuransi kesehatan tidak mencakup perawatan kesehatan yang berkaitan dengan estetika, jika tidak dibutuhkan secara medis maka klaim asuransi kesehatan untuk estetika pun akan ditolak.

6. Klaim belum melewati masa tunggu

Faktor lainnya yang membuat klaim asuransi kesehatan ditolak adalah karena klaim belum melewati masa tunggu, yaitu periode waktu yang wajib dilalui oleh pemegang polis sebelum dapat mengajukan klaim asuransi. Ketentuan ini biasa dibuat sebagai cara untuk memantau dan menilai tingkat risiko calon nasabah.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Obat Nyeri Sendi Lutut, Ampuh Kurangi Rasa Sakit