Find Us On Social Media :

Keluar Darah Saat Buang Air Kecil, Waspada Gejala Batu Ginjal yang Tidak Bisa Dibiarkan

Keluar darah di urin sebaiknya tidak dibiarkan, ini bisa menjadi gejala batu ginjal.

GridHEALTH.id - Ginjal sehat yang mengalami penurunan fungsi dapat berkembang menjadi penyakit, salah satu kondisi yang umum adalah terbentuknya batu ginjal.

Penyakit ini jika dibiarkan, dari bentuknya yang kecil bisa semakin besar, sehingga ada yang memerlukan pembedahan untuk mengambil batu ginjal yang lebih besar.

Simak berikut ini gejala batu ginjal yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan masalah berkelanjutan, termasuk keluar darah saat buang air kecil.

Gejala Batu Ginjal

Berikut ini empat gejala batu ginjal yang dijelaskan oleh Urology Austin, yaitu:

1. Keluar darah saat buang air kecil

Keluar darah saat buang air kecil disebut dengan hematuria, merupakan indikasi bahwa batu mulai berpindah dari ginjal ke kandung kemih dan telah tersangkut, umumnya di ureter, saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih.

Diameter ureter yang mencapai 3-4mm, maka batu apa pun yang lebih besar dari diameter ini dapat tersangkut. Jika tidak segera ditangani, batu dapat merobek ureter yang memasukkan darah ke dalam saluran kemih.

2. Nyeri hebat

Biasanya nyeri hebat batu ginjal dapat dirasakan di punggung bagian bawah, perut, atau selangkangan. Nyeri ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Jika nyeri tidak berkurang dengan mengubah posisi, bisa jadi itu adalah gejala batu ginjal. Gejala ini jangan dibiarkan karena dapat datang secara bergelombang, berupa nyeri yang menusuk atau nyeri yang berdenyut berlangsung selama 20 menit atau satu jam lebih. Jika rasa sakit tidak mereda, pergilah ke layanan kesehatan terdekat.

3. Demam dan menggigil

Demam dan menggigil paling sering terjadi karena infeksi telah terjadi, biasanya menjadi salah satu gejala batu ginjal. Saat ada gejala ini, penting untuk menurunkan kemungkinan berkembangnya sepsis.

4. Buang air kecil yang sulit dan menyakitkan

Ini adalah salah satu gejala batu ginjal, buang air kecil yang sulit dan menyakitkan karena adanya penyumbatan di ureter. Kondisi ini harus diselesaikan karena urin yang tidak dikeluarkan berisiko menyebabkan infeksi.

Faktor Penyebab Batu Ginjal

Kenali berikut ini faktor penyebab yang memicu pembentukan batu ginjal:

Baca Juga: Merasakan Sakit Pinggang Bagian Samping, Tanda dari Batu Ginjal? Simak 7 Tanda Ini