Find Us On Social Media :

Sering Mengigau Saat Tidur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Inilah penyebab sering mengigau saat tidur.

GridHEALTH.id - Mengingau menyebabkan seseorang mengucapkan beberapa kalimat saat sedang tidur.

Mengingau termasuk gangguan tidur, yang dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Pada kondisi tertentu, kondisi yang dikenal juga dengan nama somnambulisme ini, tidak hanya membuat orang berbicara tapi juga berjalan atau melakukan aktivitas lainnya saat tertidur.

Ternyata, situasi ini terjadi bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor berkaitan dengan kesehatan yang mungkin menjadi penyebabnya.

Faktor Risiko Mengingau

Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengingau dialami oleh seseorang.

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab utama mengigau saat tidur adalah faktor genetik. Jika ada riwayat mengigau dalam keluarga, maka mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan tidur ini.

2. Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan dapat memengaruhi tidur seseorang. Saat seseorang mengalami stres berlebihan, tubuhnya bisa mengalami gangguan tidur, termasuk mengigau saat tidur.

Stres dapat memicu reaksi tidur yang tidak normal dan menyebabkan seseorang berjalan atau berbicara saat tidur.

3. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk

Kurang tidur atau tidur yang buruk secara keseluruhan dapat menyebabkan berbagai gangguan tidur, termasuk mengigau saat tidur.

Kurangnya istirahat yang memadai dapat menyebabkan gangguan pada siklus tidur seseorang dan membuatnya lebih rentan terhadap somnambulisme.

4. Sleep apnea

Penyebab mengingau selanjutnya adalah sleep apnea, yakni gangguan pernapasan yang menyebabkan sistem pernapasan berhenti singkat saat tidur.

Baca Juga: Jangan Lagi Tidur di Pagi Hari, Efek Sampingnya Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Mental hingga Penyakit Diabetes