Find Us On Social Media :

Rekomendasi Sayur dan Buah Penurun Hipertensi, Solusi Alami Menjaga Tekanan Darah

Sayur dan buah penurun hipertensi

GridHEALTH.idHipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan komplikasi kesehatan lainnya.

Untungnya, gaya hidup sehat termasuk diet seimbang dengan konsumsi cukup sayur dan buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengelola hipertensi.

Apa saja sayur dan buah-buahan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Manfaat sayur dan buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi

1. Kaya serat

Sayur dan buah-buahan kaya serat, yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh dan mempromosikan pencernaan yang sehat.

Serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan, yang merupakan faktor risiko untuk hipertensi.

2. Kandungan kalium

Banyak sayur dan buah-buahan mengandung kalium, mineral yang membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium dalam tubuh dan melebarkan pembuluh darah.

3. Kandungan antioksidan

Sayur dan buah-buahan mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan meredakan peradangan dalam tubuh.

4. Rendah kalori dan lemak

Kebanyakan sayur dan buah-buahan rendah kalori dan lemak jenuh, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung.

Sayur dan buah-buahan penurun hipertensi

1. Bayam

Kaya akan kalium, magnesium, dan zat besi, bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Kentang

Mengandung kalium yang tinggi, kentang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsinya dengan kulitnya untuk mendapatkan serat yang lebih banyak.

3. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, alpukat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan profil lipid dalam darah.

Baca Juga: Menyembuhkan Hipertensi Tanpa Obat, Ini 8 Jenis Rebusan Daun yang Ampuh Mengatasinya