Find Us On Social Media :

Gizi Lengkap Keluarga Sehat, Penuhi Gizi Anak Sekolah Dasar dengan Makanan Ini

Gizi lengkap keluarga sehat untuk anak sekolah dasar bisa dengan makanan ini

GridHEALTH.id – Makanan dengan gizi lengkap keluarga sehat sangat dibutuhkan anak sekolah dasar.

Kebutuhan nutrisi ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan fisik, perkembangan otak, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Pasalnya, pada masa ini, anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat dan aktivitas fisik yang tinggi, sehingga memerlukan asupan gizi yang seimbang dan cukup.

Lantas, apa saja makanan gizi lengkap keluarga sehat yang dibutuhkan anak sekolah dasar?

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kebutuhan gizi anak sekolah dasar

Melansir dari berbagai sumber, inilah kebutuhan gizi anak sekolah dasar, sumber makanan yang baik, serta tips untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

1. Karbohidrat: Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi anak-anak. Anak sekolah dasar membutuhkan energi yang cukup untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain. Sumber karbohidrat yang baik meliputi nasi, roti gandum, pasta, kentang, dan sereal.

2. Protein: Protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, jaringan, serta sistem kekebalan tubuh. Sumber protein yang baik termasuk daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.

3. Lemak sehat: Lemak sehat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan penyerapan vitamin. Lemak sehat dapat ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin dan mineral

- Vitamin A: Penting untuk penglihatan dan sistem kekebalan tubuh, dapat ditemukan dalam wortel, bayam, dan ubi jalar.

- Vitamin C: Membantu penyerapan zat besi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tersedia dalam buah jeruk, stroberi, dan brokoli.