Find Us On Social Media :

Tak Ada Lagi Alasan Malas, Ini 5 Rekomendasi Aktivitas Fisik yang Mudah Dilakukan di Rumah

Rekomendasi aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah

GridHEALTH.id – Aktivitas fisik adalah salah satu bagian penting dari gaya hidup sehat yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Dengan rutin berolahraga, kita dapat meningkatkan kebugaran fisik, mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung, serta memperbaiki kesehatan mental dengan mengurangi stres dan kecemasan.

Tak berhenti sampai disitu, aktivitas fisik juga bisa membantu dalam pengendalian berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Sayangnya, sampai saat ini, masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini terbukti dengan adanya data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang menunjukkan hampir sepertiga (31 persen) orang dewasa di seluruh dunia atau sekitar 1,8 miliar orang tidak memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan. 

Temuan ini menunjukkan tren kurangnya aktivitas fisik yang mengkhawatirkan di kalangan orang dewasa.

Jika tren ini terus berlanjut, tingkat ketidakaktifan fisik diproyeksikan akan meningkat hingga 35 persen pada tahun 2030. 

Melansir dari Tribunnews, WHO sendiri merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit aktivitas fisik per minggu. 

Kurangnya aktivitas fisik menempatkan orang dewasa pada risiko lebih besar terkena penyakit. 

Misalnya seperti kardiovaskular serangan jantung dan stroke, diabetes tipe 2, demensia, dan kanker seperti payudara dan usus besar.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari WHO bersama rekan akademisnya dan dipublikasikan di jurnal The Lancet Global Health.

Baca Juga: Rutin Jalan Kaki Selama 30 Menit, Benarkah Bisa Bikin Berat Badan Turun?