Find Us On Social Media :

8 Cara Membuat Kadar Gula Darah Normal, Sederhana Tapi Sering Terlupakan

Cara membuat kadar gula darah normal

GridHEALTH.id – Menjaga kadar gula darah tetap normal adalah hal penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes.

Sebab, gula darah yang stabil tidak hanya memberikan energi yang cukup bagi tubuh, tetapi juga mencegah lonjakan dan penurunan drastis yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Sayangnya, untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil tidaklah mudah, apalagi bagi yang memiliki riwayat gula darah tinggi.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa cara ampuh membuat kadar gula darah tetap ormal.

Cara membuat kadar gula darah normal

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa cara untuk membuat kadar gula darah tetap normal.

1. Pola makan seimbang

Menerapkan pola makan seimbang adalah kunci utama dalam menjaga kadar gula darah. Konsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, dan lemak sehat sangat penting. Berikut beberapa rekomendasi:

- Serat: Makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga mencegah lonjakan gula darah.

- Protein: Sumber protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, tahu, dan tempe dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mengontrol gula darah.

- Lemak sehat: Lemak sehat seperti yang terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun membantu menjaga keseimbangan gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat.

Contoh makanan seimbang:

Sarapan: Oatmeal dengan potongan buah dan kacang-kacangan.

Makan siang: Salad ayam dengan sayuran segar, quinoa, dan dressing minyak zaitun.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Bisa Berdampak Infeksi, Simak Cara Mengatasinya