Find Us On Social Media :

Sering Dikira Mimisan, Ternyata Ini Penyebab Ingus Berdarah dan Cara Mengatasinya

Penyebab ingus berdarah dan cara mengatasinya

GridHEALTH.id – Ingus berdarah, atau epistaksis, adalah kondisi di mana lendir yang keluar dari hidung mengandung darah.

Meski sering kali tidak serius, ingus berdarah bisa menimbulkan kekhawatiran.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya agar dapat membantu mengelola kondisi ini dengan lebih baik.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab ingus berdarah

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa penyebab umum ingus berdarah.

1. Kekeringan udara: Udara kering dapat menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah-pecah, yang akhirnya menyebabkan perdarahan.

Ini sering terjadi di musim dingin atau di daerah dengan kelembapan rendah.

2. Infeksi saluran pernapasan: Infeksi seperti flu atau sinusitis dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada saluran hidung, yang dapat menyebabkan ingus berdarah.

3. Alergi: Alergi yang menyebabkan sering bersin atau menggosok hidung dapat mengiritasi pembuluh darah kecil di dalam hidung, menyebabkan perdarahan.

4. Trauma atau cedera: Cedera pada hidung, seperti benturan atau mengorek hidung terlalu keras, dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan perdarahan.

5. Tekanan darah tinggi: Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah di hidung lebih rentan terhadap pecah, yang dapat menyebabkan ingus berdarah.

Baca Juga: Ingus dan Dahak Berwarna Hijau? Ini Penyakit yang Diderita