Find Us On Social Media :

Sering Dianggap Jorok, Ternyata Sebagus Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Tanpa Alas Kaki

Manfaat jalan kaki pagi tanpa alas kaki

GridHEALTH.idJalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Namun, tahukah Anda bahwa berjalan kaki di pagi hari tanpa alas kaki, atau dikenal juga dengan istilah “grounding” atau “earthing,” dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar?

Ya, berjalan kaki tanpa alas kaki di atas permukaan alami, seperti rumput, tanah, atau pasir, dipercaya memiliki efek positif pada tubuh dan pikiran.

Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat jalan kaki pagi tanpa alas kaki

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa manfaat jalan kaki pagi tanpa alas kaki yang bisa Anda rasakan.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki di pagi hari sudah dikenal baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ketika Anda berjalan tanpa alas kaki, stimulasi pada telapak kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah lebih lanjut dan menyeimbangkan ritme jantung.

Selain itu, kontak langsung dengan permukaan tanah diyakini dapat membantu menurunkan tingkat stres oksidatif yang berdampak pada kesehatan jantung.

2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot

Berjalan tanpa alas kaki melibatkan lebih banyak otot di kaki dan pergelangan kaki Anda dibandingkan saat Anda memakai sepatu.

Hal ini karena kaki Anda harus menyesuaikan diri dengan berbagai tekstur dan permukaan yang tidak rata, yang membantu melatih otot-otot kecil di sekitar kaki dan pergelangan kaki.

Latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan otot secara keseluruhan, yang sangat penting terutama bagi orang lanjut usia untuk mencegah jatuh dan cedera.

Baca Juga: Ternyata Ada Aturannya, Ini Waktu Terbaik untuk Jalan Kaki Sore Hari